Selain plastik, bahan yang terbuat dari kertas juga merupakan hal yang tidak ramah lingkungan, mengingat kertas terbuat dari pohon-pohon yang ditebang.

Tetapi, jika kita memperhatikan sekitar, segala macam hal di dunia ini mungkin telah banyak mengandalkan penggunaan kertas, entah itu untuk buku, koran, majalah, dan masih banyak lagi.

Alih-alih membakar atau menjualnya, kamu bisa menggunakan segala macam bahan kertas atau koran untuk dijadikan sebagai sesuatu yang membantumu di rumah. Nah, di artikel ini kamu akan mengetahui cara cerdas memanfaatkan kembali kertas bekas yang ada di rumahmu. Simak dan aplikasikan!

10 Cara Cerdas Memanfaatkan Kembali Kertas Bekas

10 Cara Cerdas Memanfaatkan Kembali Kertas Bekass
Image: freepik.com

1. Membersihkan Kaca

Ini adalah salah satu penggunaan koran bekas yang paling umum. Peralatan kaca dan bingkai paling baik dibersihkan dengan kertas. Gunakan koran untuk membersihkan kaca di rumahmu.

Rendam kertas dalam air dan seka kaca. Lanjut dengan menggunakan kertas kering untuk mendapatkan kaca yang bersih dan berkilau. Kamu dapat membersihkan kaca, perkakas, bingkai, dan jendela dengan koran bekas.

2. Alas untuk Permukaan Lemari dan Rak

Ingin menutupi dasar lemari pakaian dan rak kabinet? Gunakan kertas bekas sebagai alas untuk melindungi rak dari noda dan kerusakan. Tutupi rak buku, rak sepatu, lemari pakaian dan rak kabinet dapur dengan koran sebelum menata buku, sepatu, sepatu dan kotak dapur. Tenang, ini tidak akan merusak rak dan juga menjaganya tetap bersih.

3. Mempercepat Pengeringan

Pergi terburu-buru dan sepatumu basah oleh air? Seka air dengan kertas. Kemampuan penyerapan kertas sudah terkenal. Jika kamu menjatuhkan kopi atau teh di meja kayumu, bersihkan saja dengan kertas bekas. Ini adalah solusi darurat untuk mengeringkan sesuatu yang tak kamu inginkan.

4. Dekorasi Rumah

Daripada membuang atau menjual kertas atau koran bekas, gunakanlah dengan sedikit kreativitas untuk mendekorasi rumahmu. Ada banyak cara murah untuk mendekorasi rumahmu menggunakan kertas bekas.

Ini adalah ide yang murah dan ramah lingkungan untuk mengubah tampilan rumahmu. Kamu dapat membuat bunga, mewarnainya, dan bahkan membuat lampu kertas.

5. Membuat Mainan

Anak-anak selalu suka bermain dengan mainan baru. Mengapa tidak menggunakan kertas bekas untuk membuat pesawat-pesawatan, perahu, hewan, dan burung? Gunakan keterampilan kreatifmu dan buat anakmu bermain dengan mainan dari bahan kertas bekas. Kamu bahkan dapat mendekorasi kamar anakmu dengan itu.

6. Menjaga Sayuran Tetap Segar

Bungkus sayuran berdaun hijau dengan kertas agar tetap segar lebih lama. Kamu juga bisa membungkus roti dan menyimpannya agar tetap segar lebih lama.

7. Membersihkan Panci Besi

Ini adalah salah satu penggunaan limbah kertas untuk membersihkan yang menakjubkan. Cegah panci besi dan peralatan lain yang kamu miliki jadi berkarat dengan membersihkannya menggunakan kertas. Ini menyerap kelembapan, jadi gunakan setelah mencuci peralatan.

8. Mengetahui Pertumbuhan Benih

ngin memastikan benih akan berkecambah atau tidak? Tutupi benih dengan handuk kertas basah atau kertas bekas. Biarkan selama 2 minggu dan periksa. Jika benih berkecambah, kamu bisa menggunakannya untuk penanaman.

9. Mengamankan Beling

Kamu dapat menggunakan kertas bekas untuk membersihkan pecahan kaca, gelas, pajangan keramik, atau apapun yang membahayakan dari peralatan yang pecah. Ketajaman beling-beling pecahan kaca, keramik, dan sebagainya bisa diredam ketika dibungkus oleh kertas.

10. Hiasan Dinding

Potong koran bekas dengan berbagai warna menjadi potongan berbentuk lingkaran. Gunakan bola karet atau plastik sebagai alasnya. Oleskan lem atau double side tap pada lingkar bola dan tempelkan potongan-potongan itu ke atasnya.

Itulah beberapa cara cerdas memanfaatkan kembali kertas bekas atau penggunaan limbah kertas. Sudahkah kamu mencobanya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CHAT UNTUK INFO TRAINING