Setelah terdampak pandemi Covid-19 selama hampir tiga tahun, Indonesia akhirnya kembali mengizinkan dihelatnya acara musik seperti konser. Beberapa waktu lalu grup wanita asal Korea, BLACKPINK, mengadakan mega konser di GBK dan mendapat antusias tinggi dari masyarakat yang rindu akan keseruan bernyanyi bersama idola.

Kemudian baru-baru ini megaband asal Inggris Coldplay juga dikabarkan akan mengadakan konser pada akhir tahun 2023 di tempat yang sama. Tapi, apakah Anda tahu kalau nonton konser punya dampak baik buat kesehatan?

Nah, di artikel ini Anda akan menemukan beberapa manfaat nonton konser untuk kesehatan. Yuk, simak penjelasan secara rincinya di bawah ini!

Manfaat Nonton Konser untuk Kesehatan

Tahun 2023 tahun sehat, menjadi tahun pembaruan bagi semua orang dan dalam berbagai macam aspek. Beberapa orang memiliki resolusi masing-masing untuk menjalani tahun yang penuh dengan pembaruan ini.

Manfaat Nonton Konser untuk Kesehatan
Image: freepik.com/teksomolika

Bagi sebagian orang, keberadaan musik menjadi salah satu yang bisa membantu dalam mengekspresikan diri. Musik adalah salah satu seni kreatif yang paling dicintai, bahkan ada ungkapan, meski bahasa kita berbeda, tetapi musik menyatukan.

Ada banyak manfaat mendengarkan musik, seperti membantu mengatasi kecemasan, daya tahan tubuh, pereda nyeri, dan meningkatkan kadar dopamin. Bukan hanya mendengarkan musik saja yang bisa memberi dampak baik kesehatan, menghadiri konser musik untuk menikmati pertunjukkan secara langsung juga memiliki banyak manfaat.

Berikut 5 manfaat nonton konser untuk kesehatan:

1. Mengurangi Stres

Suasana saat menghadiri konser adalah faktor penting di sini. Berada di sebuah tempat di kelilingi dengan teman atau orang asing, semua tampak menikmati atmosfernya, sambil menari, dan bersenang-senang. Berada di lingkungan seperti ini justru bisa menurunkan tingkat stres.

Stres terjadi ketika tubuh kita melepaskan kortisol, yang meningkatkan glukosa dalam aliran darah. Hal ini membuat kita merasa perlu bekerja lebih keras untuk mengikuti apa pun yang membuat kita stress, entah itu soal sekolah atau di tempat kerja atau bahkan saat di rumah.

Tapi saat kita bersenang-senang? Tubuh kita tidak melepaskan banyak kortisol dan itu berarti lebih sedikit stres! Jika Anda ingin merasa lebih bahagia, cobalah untuk pergi ke konser.

Penelitian menunjukkan bahwa membeli tiket kemudian merencanakan segala sesuatu yang berhubungan dengan acara menyenangkan tersebut akan melepaskan dopamin di otak Anda.

Sehingga membuat Anda merasa lebih bahagia bahkan sebelum tiba di tempat konser tersebut.Ketika Anda berada di sana, bernyanyi bersama dan menikmati konser musik, tubuh akan melepaskan endorfin yang akan membuat Anda merasa lebih baik.

Lalu otak memahami bahwa ini adalah peristiwa yang patut diingat, jadi itu akan membuat perasaan euforia pasca mendatangi konser musik idola akan tetap membekas selama beberapa waktu.

2. Pereda Sakit

Jika sedang mengalami sakit nyeri, tidak ada salahnya mencoba untuk hadir di sebuah konser.Saat menghadiri konser, otak bisa mengeluarkan hormon endorfin yang membantu meredakan nyeri di tubuh.

Selama pelepasan endorfin, mereka dapat membuat persepsi seseorang tentang rasa sakitnya berkurang dan bahkan dapat mencegat sinyal rasa sakit sebelum mencapai otak.

3. Meningkatkan Hubungan Sosial

Musik adalah bahasa universal spesies manusia. Ada sesuatu tentang musik yang menghubungkan kita semua sebagai satu, tidak peduli berapa pun usia, ras, jenis kelamin, atau orientasi seksual kita. Saat pergi ke konser atau pertunjukan langsung, Anda dapat merasakan hubungan itu secara langsung.

Kemungkinan besar orang-orang yang berada di dekatmu saat konser adalah orang asing yang mungkin tidak akan pernah ditemui lagi. Tetapi pada saat itu, semua yang hadir dalam konser tersebut adalah pecinta dari karya yang sama.

4. Membakar Kalori

Menghadiri konser dengan antusias bisa membakar kalori lebih banyak dari yang bisa dibayangkan, ini karena saat menonton konser, badan secara antusias ikut menari dan bernyanyi bersama sekuat tenaga.

Membuat aktif bergerak sepanjang malam, yang berarti membakar banyak kalori. Dan bahkan saat Anda hanya berdiri dan menonton, detak jantung Anda akan lebih tinggi dari biasanya. Meskipun Anda tidak langsung berlari atau mengangkat beban, menghadiri konser bisa membakar banyak kalori dan lebih banyak bergerak daripada dalam kehidupan sehari-hari.

Konser adalah cara yang bagus untuk berolahraga bahkan tanpa kita sadari. Meningkatkan Fungsi Otak Mendengarkan musik dapat membantumu rileks, fokus, dan bersemangat. Bahkan juga dapat membantumu tidur lebih baik.

5. Meningkatkan Fungsi Otak

Tapi tahukah bahwa menonton konser ternyata bisa meningkatkan fungsi otak?

Mendengarkan musik langsung, alih-alih melalui headphone, akan memberi otak Anda media baru untuk merasakan sesuatu. Acara musik langsung juga membuka dan mengaktifkan lebih banyak area otak Anda daripada aktivitas lainnya.

Membantu meningkatkan neurogenesis, yang menumbuhkan neuron baru di otak. Semakin banyak neuron yang dimiliki, semakin baik fungsi otakmu.

Jadi jika ingin memastikan otakmu tetap sehat di usia tua (saat kebanyakan orang mulai mengalami kehilangan ingatan), tontonlah beberapa konser secara langsung. Musik adalah salah satu hal yang dapat masuk ke dalam jiwa seseorang dan membantu mereka dengan cara yang tidak pernah bisa dilakukan oleh kata-kata.

Memberi harapan, mengetahui bahwa hidup mereka belum berakhir, dan masih banyak pengalaman positif di luar sana untuk dijajal. Ada kalanya apa pun yang Anda lakukan, itu tidak akan menyelesaikan masalah yang dihadapi.

Menonton konser langsung adalah salah satu cara terbaik untuk membantu orang mengatasi situasi tersebut karena dapat membantu menyadari bahwa mereka tidak sendirian dalam berjuang dan memberi harapan untuk masa depan yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CHAT UNTUK INFO TRAINING