Tips Untuk Membangun Hubungan Baik Dengan Rekan Kerja

Menjaga hubungan baik dengan rekan-rekan kerja merupakan bagian yang penting dalam sebuah pekerjaan. Terkadang kita melalui kondisi yang buruk dan terbawa disaat kita bekerja, yang terjadi adalah berubah menjadi orang yang susah tersenyum dan tidak lagi menyenangkan. Di artikel ini memaparkan beberapa kiat yang bisa anda tempuh untuk membangun hubungan baik dengan rekan kerja :

  1. Sapa Minimal Satu Rekan Kerja Sebelum Mulai Bekerja

Kita sering lupa bahwa bekerja bukan hanya tentang menuliskan huruf dan angka, tapi juga tentang menjalin hubungan dengan sesama rekan kerja.  Untuk menjalin hubungan itu, anda bisa mencoba dengan hal yang paling sederhana namun besar dampaknya yaitu dengan mengajak rekan kerja anda tersenyum, tanyakan bagaimana kabarnya hari ini, jangan takut untuk bertukar cerita atau pengalaman.

 

  1. Membantu Rekan Kerja

Jangan ragu menawarkan bantuan bagi rekan kerja yang tampak kerepotan, tawarkan diri misalnya, membantu membawa sebagian dari berkas-berkas yang dibawa, bahkan anda juga bisa membantu membersihkan ruang kerja yang tampak tidak tertata.

 

  1. Biasakan Untuk Selalu Tersenyum Sebelum Berbicara

Perlu, diingat jangan biarkan diri anda untuk tampak defensif dan tidak menghargai pendapat orang lain. Sebelum mengungkapkan rasa tidak setuju anda, cobalah untuk tersenyum. Cara ini akan memperlihatkan bahwa anda tetap menghargai pendapat yang orang lain ungkapkan.

 

  1. Selalu mengucapkan “Tolong” dan “Terima Kasih”

Kata “tolong” dan “terima kasih” juga bisa membuat rekan-rekan kerja anda merasa dihargai upayanya. Lewat 2 kata yang selalu anda biasakan untuk diucapkan ini, mereka akan  mengenal anda sebagai pribadi yang rendah hati dan tahu berterima kasih. Bukan tidak mungkin mereka akan dengan ringan kembali mengulurkan bantuan pada anda.

 

 

Sebaik-baiknya manusia adalah dia yang kehadirannya disukai oleh orang-orang di sekitarnya.

 



Leave a Reply

one × 2 =