Tips Menyampaikan Ide Kreatif

Ide kreatif bisa muncul kapan dan dimana saja, namun kerap ada 1 kendala yang sering kita hadapi yaitu cara menyampaikannya. Tidak jarang juga ide baik yang kita dapatkan tidak diterapkan gara-gara cara penyampaian kita yang tidak baik, betul ?.

ide kreatif yang muncul harus di develop dengan baik melalui presentasi yang baik juga. Bagaimana caranya ?

Merincikan Ide Kreatif

 

Jangan lupa untuk lebih merincikan ide kreatif yang muncul tiba-tiba. Anda bisa menulisnya secara manual dibuku catatan atau manfaatkan notes di smartphone. Jangan understimate kekuatan menulis/mencatat, dengan terbiasa menulis Anda lebih terbiasa menyampaikan semua ide-ide yang terbesit di pikiran Anda.

Presentasikan dengan Gaya Bahasa Anda Sendiri

 

Salah satu kendala dalam mempresentasikan sesuatu adalah ketika kita menyampaikannya bukan dengan gaya kita sendiri. Nah, tidak usah terlalu kaku untuk menjelaskannya secara baku, jelaskan menurut gaya bahasa Anda sendiri agar lebih mudah didengar.

Fokus pada Alasan

Dibalik setiap ide pasti ada tujuan, sebelum Anda menyampaikan ide kreatif yang ada dalam pikiran Anda, fokuslah terhadap tujuan dan alasannya. Karena setiap orang yang mendengarkan ide Anda pasti akan bertanya “mengapa demikian ?”. Selain menjadi lebih mudah dalam menyampaikan ide, dengan berfokus pada alasan juga bisa membuat ide Anda valid.

Tanyakan Feedback

Ide kreatif yang Anda miliki tidak akan berhasil jika tidak adanya campur tangan dari para audiens. Tanyakan pendapat serta masukkan bahkan kritik audiens pada ide-ide kreatif yang sudah Anda sampaikan.  Pelejari semua feedback untuk menyempurnakan ide Anda.

 

Nah, itu tadi beberapa tips ala MIC Transformer yang bisa Anda mulai lakukan untuk memperlancar skill Anda dalam menyampaikan ide-ide kreatif melalui presentasi.



Leave a Reply

8 − 2 =