Tips Membina Karyawan Baru Menjadi Produktif

Banyak dari kita sebagai pengusaha UKM misalnya, ingin merekrut karyawan yang sesuai ekspetasi kita bahkan melebihi ekspetasi kita. Masalahnya sudahkah kita merekrut karyawan dengan baik dan benar ? Perlu ada kesepakatan antara kedua belah pihak untuk menjelaskan visi misi dan budaya perusahaan kepada si perekrut didepan sebelum benar-benar join. Setelah itu baru kita menjelaskan alur kerja atau jobdesk yang jelas sesuai alur kepada si perekrut.
Pertanyaanya bagaimana membina karyawan yang baru menjadi produktif ?
Ini dia beberapa tips yang berguna bagi perusahaan untuk membangun produktivitas bagi karyawan baru :

1. Organisasi terstruktur
Dengan organisasi yang terstruktur sangat membantu untuk karyawan baru tersebut menjadi produktif. Karena jelas organisasi yang terstruktur mampu membuat tim menjadi lebih kompak. Ditambah dengan dukungan dari tiap personil didalamnya.

2. Pelatihan
Sangat diperlukan bagi kita untuk membantu karyawan baru lebih produktif dan berkembang dengan mengikuti pelatihan. Pelatihan adalah hal yang mutlak diperlukan bagi agar kita dapat membina karyawan untuk dapat berkembang. Mulai pelatihan dari pengenalan akan produk knowledge, klien/dealer dsb.

3. Hardskill Training
Manajemen waktu, evaluasi kinerja, menyusun anggaran, menyusun rencana kerja dan hal kritikal lain perlu juga dilatih agar waktu penyesuaian lebih singkat.

4. Dukungan Perusahaan
Produktivitas selain dihasilkan dari tim dan pelatihan, bisa juga dukungan dari perusahaan.Perusahaan juga harus aktif terjun dengan mendukung kebijakan yang dikeluarkan, misalnya saja ; nonton bioskop bersama, liburan bersama dalam 2x setahun, masak-masak dan lain sebagainya.



Leave a Reply

three × 5 =