Biar Pagimu Lebih Bahagia, Coba Beberapa Aktivitas Berikut

 

Lebih Bahagia saat pagi hari merupakan sebuah idaman bagi setiap orang, Namun faktanya kembali menjalankan aktivitas pada hari senin merupakan tantangan yang sangat berat. Kembali ke rutinintas semula, setelah sebelumnya dapat memanjakan diri dengan pergi liburan dan menghabiskan waktu bersama keluarga serta orang terdekat. Kembali dengan rutinitas padat serta mengerjakan beberapa target yang harus dipenuhi. Belum lagi ditambah dengan kemacetan yang biasa kita hadapi pada jam jam sibuk di pagi hari. Deadline serta pekerjaan yang belum terselesaikan seakan menambah berat motivasi kita dalam membuka mata di pagi hari. Seberapa banyak dari kita yang masih mempunyai kebahagiaan atau bahkan semangat dalam menjalani hal-hal tersebut ?

Kebanyakan dari kita akan memulai hari dengan sebuah rutinitas biasa seperti menonton televisi, membersihkan beberapa tempat tinggal, menyiapkan sarapan, mengecek email atau timeline pekerjaan. Dengan adanya beberapa rutinitas yang biasa kita lakukan di pagi hari tersebut akankah membuat dampak positif dalam kita menjalankannya ? atau malah membuat kita semakin depresi dengan rutinitas yang kita lakukan di pagi hari. Rutinitas di pagi hari tak selamanya berat dan membosankan, ada beberapa rutinitas yang dapat kita tiru untuk membuat hari lebih baik dan bersemangat. Berikut adalah beberapa contoh rutinitas yang bisa kita lakukan agar kita bisa lebih bahagia dan semangat dalam menjalani hari.

1.) Berdoa

Ketika stress, depresi dan kegelisahan mulai muncul dalam diri kita. Sudah merupakan pertanda bahwa kita perlu menenangkan diri dan merelaksasinya. Gunakan waktu beberapa menit untuk memulihkan kedamaian di dalam diri. Siapapun bisa melakukannya karena ini sangat mudah dilakukan dan tidak memerlukan perangkat yang mahal pula.

Emosi yang tidak terkontrol karena beban pekerjaan atau berbagai permasalahan lainya dapat menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit. Dengan berdoa dapat mengembalikan perasaan ke taraf yang lebih baik, hingga membuat emosi lebih terkontrol sehingga kita bisa mencegah berbagai macam penyakit untuk datang. Berdoa juga merupakan ungkapan rasa syukyur kepada Tuhan, rasa syukur tersebut dapat membuat kita jauh lebih dapat menghargai sebuah pekerjaan.

2.) Olahraga

Olahraga tidak selalu berkutat dengan lari pagi, bersepeda atau menggunakana alat-alat gym. Pada masa sekarang kita bisa melakukan olahraga yang murah dan dapat dilakukan dikantor sekalipun. Tujuan dari olahraga adalah agar daya tahan tubuh kita terjaga dan tetap bugar dalam bekerja. Hal lain yang dapat di temukan dalam olahraga adalah dengan kita melakukan olahraga pada pagi hari terbukti dapat meredakan kegelisahan yang kita alami.

Banyak sekali pilihan olahraga yang bisa kita lakukan baik di rumah maupun di tempat kita bekerja. Mulai dari berjalan kaki, menaiki tangga, atau bahkan workout di kantor pun bisa dilakukan dengan mudah tanpa perlu waktu banyak. Mari kita mulai dengan meluangkan waktu 10 menit minimal setiap harinya untuk berolahraga dan lihat perubahan apa yang akan terjadi nantinya.

3.) Membaca

Terkadang kita terlalu fokus dengan apa yang kita kerjakan nantinya hingga kadang kita lupa untuk menyiapkan sarapan pada jiwa kita, sehingga seakan hari semakin berat dan menyiksa. Mari kita coba untuk sejenak saja melepaskan jeratan pekerjaan pada pagi hari untuk memberi makanan pada jiwa kita.

Membaca buku merupakan salah satu alternatifnya. Berdasarkan hasil dari University of Sussex research, Dr. David Lewis seorang pakar neuropsychologist mengemukakan bahwa dengan membaca buku dalam jangka waktu enam menit dapat mengurangi level stress kita hingga dua sampai tiga tingkatan atau dapat berkurang hingga 68% .

Dengan membaca buku kita dapat belajar hal baru dan memberi nilai lebih dari setiap apa yang kita kerjakan. Karena di dalam buku banyak hal dapat memberikan nilai pembelajaran dalam diri, temukan buku yang sesuai dan jadikan teman beraktivitas di pagi hari kita

4.) Berinteraksi

Interaksi sosial yang kita bangun saat  pagi hari berperan penting bagi setiap orang dan mempengaruhi tingkat emosi seseorang. Bukan hanya mempengaruhi tingkatan emosi seseorang untuk lebih bahagia, namun juga produktivitas dalam bekerja.

Emma Seppälä, Ph.D, dari Stanford University’s Center menyebutkan bahwa rendahnya tingkat interaksi sosial pada seseorang dapat menyebabkan lambannya penyembuhan penyakit, rentan terhadap depresi dan kegelisahan, hingga kematian akibat bunuh diri. Berdasarkan survey pada 2004, Sebanyak 25% orang di Amerika mengaku bahwa mereka tidak memiliki seseorang untuk berbagi cerita tentang masalah mereka. Hal tersebut berimbas pada tingkat kematian akibat bunuh diri yang di sebabkan oleh perasaan kesepian.

Membangun interaksi sosial di pagi hari sangat membantu kita dalam membangun pemikiran positif serta lingkungan positif untuk tumbuh. Melakukan interaksi sosial bisa dilakukan dengan hal sederhana, semisal dengan sarapan bersama orang terdekat dan keluarga atau sekedar olahraga pagi bersama tetangga. Dengan terus menciptakan interaksi sosial, dapat meningkatkan pula presentase kita untuk hidup lebih lama dan lebih bahagia. Berikut adalah tips bangun pagi kita lebih bahagia.



Leave a Reply

one × 3 =