Strategi Dasar Membentuk Sebuah Teamwork

Berbicara mengenai perusahaan yang maju pasti memiliki sebuah tim yang sangat solid. Tim kerja atau yang sering kita dengar dengan istilah Teamwork adalah sekumpulan individu yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama. Kenyataan yang sering kita lihat dalam sebuah teamwork adalah terdapat banyak orang dengan berbagai macam gagasan dan pendapat. Sedangkan untuk mencapai keutuhan anggota harus memiliki aturan dan mekanisme kerja yang baik dan harus di sepakati oleh setiap anggota.

Untuk mencapai keharmonisan dan penyatuan yang solid, setiap individu harus mempunyai tanggung jawab yang sama. Jika terjadi ketua tim mesuatu pertentangan, perbedaan, dan perdebatan semua harus terlibat dalam proses penyatuan tersebut. Ketua tim yang akan membuat keputusan berdasarkan saran dan pendapat dari seluruh anggota.

Setiap individu harus memiliki strategi dasar yang diperlukan untuk bekerja secara tim atau berkelompok. Secara garis besar, ada dua strategi dasar utama yang mutlak harus dimiliki anggota tim. Apa saja itu mari kita bahas.

Strategi Managerial (Managerial Skills)
Strategi Managerial adalah kemampuan mengatur dan mengelola potensi yang ada pada diri sendiri. Serta kemampuan untuk melakukan koordinasi dengan sesama anggota tim. Termasuk di dalamnya kemampuan dalam membuat rencana kerja, menentukan tujuan, memantau kinerja, memonitor perkembangan dan memastikan pekerjaan telah dilakukan secara benar, dan lain-lain.

Strategi Interpersonal (Interpersonal Skills)
Strategi Interpersonal merupakan strategi melakukan kontak sosial dengan seluruh individu di dalam kelompok. Termasuk kemampuan berkomunikasi, saling menghargai pendapat orang lain dan kemampuan menjaga kekompakkan dengan anggota tim.

Dengan memiliki dua strategi dasar tersebut, kita sudah bisa dikatakan sebagai tim, karena dengan memilik dua strategi tersebut akan memudahkan Anda bekerjasama sekaligus mengaktualisasikan diri Anda di dalam sebuah tim.

Selamat mencoba.

Leave a Reply

twenty + 15 =

Anda mempunyai masalah dengan Human Capital? Konsultasikan bersama MIC Transformer?