Sejarah Singkat Lahirnya Kesaktian Pancasila

Gerakan G30S PKI merupakan singkatan dari Gerakan 30 september, merupakan salah satu peristiwa sejarah yang terjadi ketika Indonesia sudah beberapa tahun merdeka.

Gerakan 30 September dianggap sebagai usaha dari sebuah Partai Komunis Indonesia untuk menggantikan Ideologi Bangsa Indonesia yaitu Pancasila, namun usaha itu mengalami kegagalan itulah sebabnya 1 oktober diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila. PKI dianggap melakukan sebuah gerakan kudeta untuk mengambil alih tampuk kekuasaan di negeri ini, yang dimana saat itu kekuatan politik dikuasai oleh tiga kekuatan besar yakni Nasionalis, Agamis, dan Komunis. Kondisi yang sangat gaduh ditambahnya tingkat inflasi negara yang merajalela memperburuk keadaan.

Pada peristiwa G30S/PKI tahun 1965 ketika sejumlah perwira menengah dan tinggi diculik dalam pemberontakan yang bermaksud mengambil alih kekuasaan. Mereka dikubur di lubang buaya yang selalu dikunjungi pada peringatan Hari Kesaktian Pancasila.

Peristiwa G 30 S/PKI tahun 1965 merupakan tragedi nasional. Pada hari itu Dasar Negara Pancasila akan diganti komunisme oleh PKI. Berkat pertolongan Tuhan Yang Mahakuasa dan menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila, maka ABRI dan rakyat dapat menggagalkan usaha PKI. Pancasila tetap kokoh sebagai dasar negara RI.

Oleh karena itu, maka pada setiap tanggal 1 Oktober kita peringati sebagai Hari Kesaktian Pancasila.

Pancasila yang sakti adalah Pancasila yang nilai-nilainya yang terkandung masih didalami dan dihayati semua anak-anak bangsa Memperingati hari kesaktian Pancasila tentunya harus mengembalikan sifat asli Pancasila yang mampu menjadi pelindung semua anak-anak bangsa dalam beragam perbedaan. Pancasila harus menjadi inspirasi dalam berdemokrasi dan melaksanakan karya-karya kemanusiaan di tengah modernisasi peradaban. Membudayakan Pancasila hendaknya menjadi penghayatan yang membumi.



Leave a Reply

two × 5 =