Seberapa Sulit Mengatur Keuangan Rumah Tangga ?

Bagi yang sudah berumah tangga, khususnya yang akan memasuki usia lanjut sangat diperlukan bagaimana mengatur keuangan dalam rumah tangga dengan baik.

Mengapa begitu penting dalam mengatur keuangan ?

Tidak ada yang tau akan terjadi apa dikemudian hari, jika keuangan tidak dipersiapkan dengan baik, maka kita pun tidak akan siap menghadapinya.

Karena peran masa depan keluarga tidak lepas dari kemampuan seorang wanita yang mengelola keuangan.

Menurut kami ada beberapa tips mengatur keuangan dengan baik, yaitu :

  1. Menabung Dari Pemasukan

Berapa banyak orang yang saat menerima gaji, namun dipertengahan bulan sudah habis, ini yang seringkali terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Karena itu diperlukan saat kita menerima sumber pendapatan, saat itu kita sisihkan 30% untuk tabungan. Sebenarnya tidak ada angka ideal, tapi kebutuhan pengeluaran manusia berbeda-beda.

 

  1. Tentukan Alternatif

Sama halnya, manusia tidak bisa lepas dari kebutuhan sekunder, tidak salah sih, tetapi jika memang itu diperlukan, perhatikan kondisi keuangan dan cara pembayaranya. Jika ingin mengambil cicilan, perhatikan bunga, DP, dan berapa lamanya. Jangan sampai kita terlilit hutang hanya karena kebutuhan sekunder tersebut.

  1. Bijak Dalam Memakai Kartu Kredit

Kartu kredit memang sangat menggoda, banyak sekali diskon ntah makanan/barang/elektronik yang menggiurkan. Tidak sedikit kita yang terjebak didalamnya hingga begitu dalam, sehingga hutang kartu kredit kita begitu menumpuk. Bahaya bukan ?! Pastikan kartu kredit dipakai hanya seperlunya saja yang benar-benar dibutuhkan.

 

  1. Rencanakan Biaya Bulanan Dengan Matang

Jika kita hanya mengikuti keinginan, pemborosan cenderung terjadi. Alhasil keuangan tidak terkontrol, uang habis tanpa arah yang jelas. Kenyataanya keinginan belum tentu sesuai kebutuhan. Lalu bagaimana caranya ? Gunakan anggaran tertulis untuk membuat rencana bulanan. Jangan gunakan anggaran melebihi dari rencana yang sudah dibuat, namun patuhi anggaran keuangan yang sudah dibuat.

 

  1. Berinvestasi

Jaman sekarang tidak perlu bingung untuk berinvestasi. Biasanya dana investasi berasal dana lebih diluar tabungan 30 %. Kita bisa mengalokasikan berupa pasar uang, saham, reksadana, logam mulia dan lain sebagainya.

 

Mari..kelola keuangan dalam rumah tangga kita dengan bijak, pastikan kita sudah merencanakan pengeluaran tertulis untuk kelangsungan hidup yang akan datang.



Leave a Reply

4 × four =