Pentingnya Soft Skill

Sering menunda pekerjaan, sering telat ke kantor karena semaleman kerjaan numpuk, kehilangan waktu libur karena mengejar keterlambatan deadline, Sulit berinovasi dan berkreasi, Sering curang dalam pekerjaan?

SOFTSKILL DALAM DUNIA KERJA… PENTING!!

Mengapa soft skill ?

Dunia kerja percaya bahwa sumber daya manusia yang unggul adalah mereka yang tidak hanya memiliki kemahiran hard skill saja tetapi juga piawai dalam aspek soft skillnya. Dunia pendidikan pun mengungkapkan bahwa berdasarkan penelitian di Harvard University Amerika Serikat ternyata kesuksesan seseorang tidak ditentukan semata-mata oleh pengetahuan dan kemampuan teknis (hard skill) saja, tetapi lebih oleh kemampuan mengelola diri dan orang lain (soft skill). Penelitian ini mengungkapkan, kesuksesan hanya ditentukan sekitar 20% oleh hard skill dan sisanya 80% oleh soft skill.

Apa gunanya soft skill yang baik ?

Konsep tentang soft skill sebenarnya merupakan pengembangan dari konsep yang selama ini dikenal dengan istilah kecerdasan emosional (emotional intelligence). Soft skill sendiri diartikan sebagai kemampuan diluar kemampuan teknis dan akademis, yang lebih mengutamakan kemampuan intra dan interpersonal.
Memiliki soft skill yang baik dapat membantu perusahaan dalam menempatkan ‘the right person in the right place’.

Sheryl Sandberg, COO Facebook, bahkan mengungkapkan betapa pentingnya soft skill untuk menyaring karyawan baru diperusahaannya. “Ketrampilan lebih penting daripada pengalaman, jadi saya lebih suka merekrut seorang yang ahli dalam suatu bidang dan memberikan mereka pekerjaan baru, daripada mengambil seseorang yang tidak punya ketrampilan meski memiliki pengalaman yang cukup banyak ” ungkapnya dalam sebuah wawancara dengan Glassdor, dilansir dari Bussiness Insider.



Leave a Reply

ten − 4 =