Pentingnya Financial check up

Financial check up adalah pemeriksaan keseluruhan sistem keuangan anda. Dengan melakukan Financial check up anda bisa tahu bila ada masalah sehingga bisa langsung diantisipasi.

Mengapa Financial check up itu penting?

  1. Kesehatan bagi keuangan anda

Financial check up bisa menyehatkan keuangan pribadi anda. Anda bisa mengetahui masalah yang timbul atau yang akan timbul. Pengecekan secara rutin akan menjauhkan anda dari kebangkrutan dan kemungkinan berhutang.

  1. Mengontrol aliran Keuangan

Kadang kita mengeluh “Kok uang saya bisa habis begitu saja, padahal baru kemarin gajian”. Nah jika anda melakukan Financial check up, hal itu tidak akan terjadi. Financial check up akan memberikan informasi cukup soal aliran dana (cash flow) yang terjadi, sehingga anda tidak perlu pusing dan kebingungan

  1. Lebih hati-hati menggunakan uang

Ketika melakukan financial check up, anda akan menemukan kalau budget untuk ngopi dengan teman-teman sangatlah besar, padahal kalau disimpan, bisa untuk membeli android keluaran terbaru. Nah selanjutnya anda jadi lebih mawas diri dan membatasi kegiatan yang hanya membuang-buang uang

  1. Mendukung perencanaan

Financial Check Up  bisa menunjukkan apakah anda bisa merealiasikan beberapa rencana penting masa depan. Misalnya anda butuh mencari pinjaman, anda bisa tahu pasti bagaimana membayar pinjaman tersebut. Financial check up juga akan membantu anda memastikan kalau cita-cita membeli rumah sendiri akan tercapai. Dalam hal ini akan membantu kita untuk mengecek sektor mana yang uangnya bisa dialihkan untuk mengeluaran cicilan pembelian rumah.

  1. Memprediksi keuangan masa depan

Rezeki memang diatur oleh Yang Maha Kuasa. Tetapi dengan financial check up anda bisa memprediksi berapa lama keuangan anda bisa bertahan. Selain itu financial check up juga bisa menunjukkan apakah anda harus mencari pekerjaan baru bila ternyata pendapatan lebih kecil dari pengeluaran.

 

Bagi sebagian orang,  financial check up dianggap kegiatan yang tidak menyenangkan. Karena anda harus teliti menyimpan semua kuitansi dan bon pengeluaran serta mencatatnya satu persatu. Tapi akan lebih baik jika anda sedikit kesusahan, yang penting anda bisa mengetahui kondisi keuangan tanpa harus bangkrut terlebih dahulu.



Leave a Reply

2 × four =