Menumbuhkan Sikap Ahli Bersyukur

Untuk meraih sukses Anda perlu meningkatkan rasa syukur  terhadap nikmat Tuhan yang telah diberikan. Namun, yang menjadi pertanyaan, kenapa masih banyak orang yang tidak atau kurang bersyukur ? atau ada juga yang merasa sudah bersyukur, tetapi dia merasa tidak ada tambahan nikmat dari Tuhan. Artinya cara bersyukur kita yang salah, kita merasa bersyukur padahal kita belum bersyukur.

Bagaimana menumbuhkan sikap ahli bersyukur ?

  1. Luangkan waktu untuk merenungkan nikmat nikmat Tuhan yang sudah diberikan kepada kita. Nikmat itu sangat banyak, bahkan tidak terhitung.
  2. Berprasangka baiklah kepada Tuhan. Banyak nikmat yang tidak terlihat bagi kita. Kita menganggap bahwa nikmat itu harus dalam bentuk materi, padahal lebih luas dari itu. Seringkali kita menganggap bahwa nikmat itu adalah sebuah pemberian. Padahal bisa saja Tuhan menghindarkan kita dari suatu musibah yang asalnya akan menimpa kita.
  3. Setelah kita mengetahui bahwa nikmat Tuhan begitu banyaknya, maka langkah selanjutnya ialah memasukan pengetahuan ini ke dalam hati. Agar melekat dengan diri kita sehingga rasa syukur kita akan bertambah. Caranya ialah terus menerus mengingat nikmat dalam berbagai kesempatan. Semakin sering kita mengingat nikmat, akan semakin tertancap dalam hati, maka rasa syukur pun akan meningkat.

 

Jadi cara meningkatkan rasa syukur diawali dengan pengetahuan akan nikmat yang telah Anda terima. Pengetahuan akan nikmat ini harus tertanam dalam hati Anda.

 

Anda sudah mengetahui bagaimana cara meningkatkan rasa syukur. Semoga dengan meingkat rasa syukur, nikmat kita akan bertambah.



Leave a Reply

four × 4 =