Menu Sehat Untuk Buka Puasa Anda

menu-sehat-untuk-berbuka-puasaSetelah seharian menahan rasa haus dan lapar, pastilah momen berbuka puasa menjadi momen yang dinanti-nantikan. Baik berbuka di rumah bersama keluarga, di restoran bersama kawan, atau bahkan di jalanan karena terjebak kemacetan, Anda tak boleh sembarangan dalam memilih menu berbuka.

Karena ada begitu banyak menu berbuka puasa yang menggoda untuk disantap, namun sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi selama Bulan Ramadhan. Contohnya seperti minuman yang mengandung kafein (teh dan kopi), minuman bersoda, makanan yang tinggi garam, dan makanan yang banyak mengandung lemak jenuh (gorengan dan kari).

Sebagai gantinya, Anda bisa mencoba menu makanan yang sudah kami rangkum dari beberapa sumber. Berikut ini ulasan lengkapnya.

1. Minuman (Air Mineral dan Jus Buah)

Air mineral akan membantu tubuh Anda terhidrasi tanpa ekstra kalori atau pemanis tambahan. Selanjutnya, jus buah sangat baik untuk berbuka puasa karena minuman ini mengandung pemanis alami dan tentunya bergizi. Jus buah juga baik untuk mencegah Anda terlalu banyak mengonsumsi minuman lain yang mengandung pemanis buatan.­­­­­­

2. Kurma 

Mengonsumsi kurma adalah salah satu pilihan terbaik untuk berbuka puasa karena menu ini mengandung pemanis alami untuk menambah energi, berbagai mineral, dan juga mengandung sumber serat yang baik untuk pencernaan. Anda juga bisa mencoba menu buah kering lainnya seperti aprikot, kismis, buah ara & prem, yang juga mengandung nutrisi dan sumber serat.

3. Buah-buahan

Selain buah-buahan kering, buah-buahan tropis yang populer di negara kita juga bisa menjadi pilihan alternatif untuk berbuka puasa. Karena buah-buahan tersebut sangat baik untuk Anda dengan kandungan pemanis alami, sumber cairan, berbagai macam vitamin dan mineral yang ada di dalamnya.

4. Sup

Sup sangatlah cocok untuk dikonsumsi saat berbuka, karena menu ini tidak terlalu berat untuk dikonsumsi setelah berjam-jam perut tidak terisi. Selain itu, kuah dalam sup juga mengandung air yang bisa mengganti cairan tubuh selama berpuasa. Daging dan sayuran yang ada dalam sup juga mengandung protein dan vitamin yang tentunya baik untuk tubuh kita.



Leave a Reply

11 + 11 =