Menjadi Manusia

    Manusia adalah tolak ukur setiap aktivitas yang terjadi dalam dunia ini. Dan salah satu aktivitas seorang manusia adalah bekerja. Kerja adalah salah satu pelengkap kehidupan manusia. Dengan bekerja, manusia bisa melanjutkan hidupnya, dengan bekerja kehidupan manusia menjadi utuh hakekatnya.

    Dewasa ini semua orang berlomba untuk bekerja, tapi tidak sedikit pula orang kesulitan untuk memulai mencari pekerjaan. Beberapa orang sudah lengkap kehidupannya, sebagian belum sepenuhnya lengkap bahkan ada yang sama sekali tidak lengkap.

    Seyogyanya manusia bekerja dengan hati dan pikirannya, sehingga pekerjaan yang ia lakukan dapat berjalan dengan baik dan lancar. Akan tetapi tidak sedikit orang bekerja hanya menggunakan kekuatannya saja.

    Di satu sisi orang yang bekerja hanya dengan kekuatan tentu hanya mampu melakukan. Ia hanya menurut dan lalu mengerjakan apa yang diperintahkan. Jika diberi suatu kesempatan untuk bertindak, ia bingung harus melakukan apa. Perilaku ini hampir mirip seperti robot.

    Di sisi lain orang yang bekerja dengan hati dan pikirannya pasti mampu melakukan dan menghasilkan. Ia akan menurut dan mengerjakan apa yang diperintahkan. Jika diberi suatu kesempatan untuk bertindak, ia mampu dan akhirnya berkembang. Ia bisa memberikan nilai lebih untuk pekerjaannya dan dirinya sendiri. Perilaku ini disebut manusia.

Yang manakah perilaku anda? (tin)



Leave a Reply

5 × five =