Lima Tanda Orang yang Mempunyai Kecerdasan Emosional

Kecerdasan emosional pertama kali muncul pada 1964 dalam sebuah karya tulis Michael Beldoch, dan pada 1966 dalam karya tulis B Leuner. Emotional Intelligence (EI) atau Emotional Quotient didefinisikan sebagai kemampuan seseorang mengendalikan emosi pada diri sendiri dan orang lain.

EQ dinilai dapat memberikan keuntungan dalam bersikap, bahkan dalam berkarier. Terdapat  beberapa tindakan yang mencerminkan EQ yang dapat terlihat dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Attitude yang baik

 

Attitude merupakan sikap dan perilaku sehari-hari. Cara Anda berbicara, bertindak, memperlakukan orang lain, semua itu merupakan cerminan dari apa yang anda pikirkan.

Untuk mencapai kesuksesan, Anda pasti membutuhkan orang lain. Anda tidak akan bisa melakukan segala sesuatunya sendiri. Untuk bisa diterima oleh orang lain Anda harus mempunyai attitude yang baik.

  1. Rendah Hati

 

Rendah hati adalah sikap terdamai yang memiliki makna luar biasa. Orang yang bersikap rendah hati, mampu mengakui segala kekurangannya dan mengakui bahwa dia memerlukan orang lain untuk membantunya. Rendah hati bukan berarti menutupi kelebihan Anda, tapi cukup dewasa untuk mengakui kekurangan Anda.

 

  1. Jujur

 

Jujur merupakan perilaku yang mencerminkan adanya kesesuaian antara hati, perkataan dan perbuatan. Sifat jujur merupakan salah satu rahasia diri seseorang untuk menarik kepercayaan umum karena orang yang jujur senantiasa berusaha untuk menjaga amanah.

 

  1. Ulet

 

Ulet merupakan sikap kuat, selalu berjuang dan tidak mudah putus asa serta menggunakan  segala kecakapannya (potensi) untuk mencapai suatu tujuan.

 

  1. Konsisten

 

Konsistensi merupakan sifat yang bermakna tidak berubah-ubah, taat asas, teguh pendirian dan tidak plin-plan. Sikap konsisten dapat membuat relevan,  membangun reputasi, membentuk dan menciptakan akuntabilitas Anda.

 

 



Leave a Reply

fifteen + 17 =