Langkah Praktis untuk Pengembangan Diri

Langkah Praktis untuk Pengembangan Diri

Langkah-langkah praktis yang dapat diambil untuk meningkatkan pengembangan diri, termasuk :

  • Mengatur waktu Anda.
  • Memproduksi CV pribadi atau resume.
  • Melakukan penilaian yang keterampilan.
  • Melihat transferable skills Anda.
  • Mengatasi hambatan untuk belajar keterampilan baru.

Pengorganisasian Waktu Anda

Jika Anda mempertimbangkan untuk membuat perubahan dalam hidup Anda, menemukan waktu tambahan sering menimbulkan masalah. Dalam proses tersebut Anda harus memastikan memiliki waktu ekstra untuk :

  • Menghabiskan waktu dengan keluarga Anda.
  • Menghabiskan pada hal-hal yang Anda gemari.
  • Curahkan untuk pekerjaan Anda.
  • Curahkan untuk pendidikan Anda.

Apa pun alasannya, Anda harus melihat bagaimana memikirkan cara untuk mengelola waktu Anda secara lebih efektif.

Curriculum Vitae (CV) atau Résumé

Menyusun CV atau resume tidak hanya diperlukan ketika melamar pekerjaan, itu juga bisa sangat berguna untuk keuntungan Anda sendiri dan akan membantu Anda menilai keterampilan yang Anda dapatkan melalui pendidikan, pelatihan, kerja, kerja sukarela, rekreasi dan kegiatan lainnya. Pada topik ini akan membantu untuk menyoroti keterampilan yang harus Anda kerjakan pada pengembangan.

Ada banyak cara yang berbeda menetapkan dan menyajikan CV atau resume untuk tujuan melamar pekerjaan – Anda harus sangat berhati-hati untuk memasukkan semua informasi yang relevan dan pastikan dokumen Anda ditulis dengan baik dan disajikan dengan baik.

Namun, untuk tujuan referensi Anda sendiri dan sebagai cara untuk mengakses keterampilan Anda gunakan format sederhana sesuai apa yang Anda perlukan.

Transferable Skills

Banyak keterampilan yang telah Anda pelajari dan dikembangkan baik melalui kerja, pendidikan atau kehidupan pribadi yang berhasil Anda terapkan ke area lain. Misalnya, keterampilan mendengarkan yang baik adalah penting dalam banyak aspek kehidupan. Keterampilan tersebut dikenal sebagai ‘Transferable Skills’ istilah yang biasanya dikaitkan dengan keahlian yang dapat dengan mudah dipindahkan dari satu pekerjaan ke pekerjaan lain.

Menganalisis keterampilan yang ada akan membantu Anda untuk mengidentifikasi baik keterampilan dan kualitas pribadi yang dapat digunakan di bidang lain. Contoh lebih lanjut dari keterampilan dipindahtangankan keterampilan IT, keterampilan interpersonal, komunikasi (lisan dan tertulis), keterampilan organisasi, membaca dan berhitung, pemecahan masalah dan memahami kebutuhan orang lain atau kecerdasan emosional.

Mengatasi Hambatan untuk Belajar Keterampilan Baru

Belajar keterampilan baru akan memperbesar terbukanya peluang untuk Anda dan pada saat yang sama memberdayakan Anda sebagai individu. Ada banyak hal yang mencegah orang dari belajar keterampilan baru, hambatan ini dapat diatasi dengan beberapa pemikiran. Mungkin ini termasuk :

Kurangnya Keyakinan atau Self-Esteem: Ini adalah salah satu kendala terbesar yang dihadapi banyak orang. Namun, jika ini adalah masalah kemudian bertanya pada diri sendiri jika ada orang yang akan mendukung dan membantu Anda untuk mengambil langkah pertama menuju belajar keterampilan baru. Seringkali, setelah langkah pertama dibuat maka rintangan terbesar dapat teratasi. Keyakinan meningkat saat Anda mengembangkan keterampilan baru.

Situasi Ekonomi: Anda mungkin melihat situasi keuangan Anda sebagai penghalang untuk mengembangkan keterampilan baru, ini tidak perlu terjadi. Internet memiliki banyak halaman dan alat-alat yang dapat membantu Anda mengembangkan menentukan keterampilan. Mungkin ada program studi yang ditawarkan di sekolah-sekolah lokal, perguruan tinggi atau universitas yang bebas atau ditawarkan pada tingkat dengan orang-orang pada pendapatan yang lebih rendah. Program pembelajaran jarak jauh-memungkinkan Anda untuk belajar di rumah yang dapat membantu untuk mengurangi biaya belajar. Mungkin ada dana perwalian atau amal yang menawarkan hibah untuk orang mengembangkan keterampilan baru di daerah Anda. Hal ini juga memungkinkan untuk belajar keterampilan baru dengan bantuan buku-buku dari perpustakaan. Juga, kerja sukarela dapat memberikan kesempatan yang sangat baik untuk belajar dan mengembangkan keterampilan baru seperti dapat menjadi anggota dari kelompok lokal atau masyarakat.

Komitmen Keluarga: Jika memiliki komitmen keluarga yang mencegah Anda dari memiliki waktu untuk belajar keterampilan baru, mungkin Anda harus meminta bantuan dari teman atau anggota keluarga untuk memberikan beberapa jam gratis tiap minggu. Perguruan tinggi dan universitas yang menawarkan program pelatihan kejuruan yang mungkin tidak memungut biaya atau bersubsidi.

Kurangnya Waktu: mempertimbangkan bagaimana Anda bisa mengatur ulang waktu Anda untuk menyesuaikan dalam pengembangan keterampilan baru.

Merekam Pengembangan Diri Anda

Hal ini sering menjadi ide yang baik untuk menyimpan catatan pengembangan diri Anda. Dengan menuliskan perkembangan penting dalam pembelajaran dan pengembangan yang telah dilakukan, Anda akan dapat merefleksikan keberhasilan Anda di kemudian hari.

Refleksi ini mungkin membantu untuk memotivasi Anda untuk belajar keterampilan yang lebih di masa depan. Cobalah menjaga catatan pelajaran atau jurnal yang mengembangkan keterampilan dan pengetahuan Anda.



Leave a Reply

twelve + fourteen =