Kisah Motivasi Keledai di Dalam Sumur

 

Di sebuah desa, hiduplah seorang petani dan peliharannya dan keledai. Mereka berdua hidup damai di sebuah perkebunan dan bersama melakukan aktivitas sehari-hari. Di ladang tersebut terdapat sumur tua yang hendak akan di tutup oleh petani tua tersebut, sembari ia menyelesaikan aktivitas perkebunannya.

Di suatu pagi, keledai peliharaan petani tersebut sedang berjalan disekitar ladang perkebunan ambil mencari makan rumput hijau nan segar. Tidak, berlangsung lama tiba-tiba keledai tersbut terperosok ke dalam lubang nan sangat dalam. Ternyata lubang tersebut adalah, sumur tua yang hendak di timbun oleh sang petani. Keledai tersebut meminta pertolongan dan tidak satupun orang yang menolongnya. Keledai tersebut hanya bisa pasrah dan berharap ada orang yang menolongnya.

Di suatu sore setelah selesai berkebun, petani tersebut tiba tiba teringat ada sumur tua yang hendak ia timbun dengan tanah agar supaya tidak membahayakan orang. Lalu petani tersebut meminta tetangganya untuk membantu menimbun sumur tersebut. Petani, tua itu tidak tau kalau keledai peliharannya masuk terperosok ke dalam sumur tersebut.

Petani dan tetangganya mengambil tanah di pinggiran sumur tua itu dan langsung perlahan-lahan memasukkan tanah dengan sekop ke dalam sumur. Keledai di dalam sumur terlihat sangat ketakutan dengan tanah yang tiba-tiba menimbun dirinya di dalam sumur itu. Sampai disitu dia mempunyai ide, bahwa tanah yang menimbun dia bisa menyelamatkan dirinya untuk keluar dari sumur tersebut.

Caranya ketika tanah yag ditimbun tersebut mengenai tubuhnya, maka si keledai itu menggoyangkan tanahnya, maka tanah tersebut akan jatuh kebawah, kemudian keledai tersebut lompat ke atas. Begitu seterusnya strategi dari si keledai tersebut. Sampai beberapa jam kemudian keledai tersebut dapat sampai ke ujung atas sumur dan keledai tersebut sangat gembira.

Value yang dapat kita ambil dari sini adalah, setiap masalah pasti ada jalan keluarnya. Jalan keluarnya adalah berpikir tenang, tidak panik untuk mendapatkan ide dan solusi untuk memecahkan masalah tersebut. Kehidupan akan dipenuhi “kotoran tanah” pada Anda, segala macam kotoran, triknya adalah goncang dan jatuhkan kotoran tersebut kemudian naik satu langkah keatas. Setiap masalah kita adalah batu loncatan untuk kesuksesan yang lebih tinggi lagi
.
SHAKE IT OFF AND STEP UP !



Leave a Reply

eleven − 3 =