Kebiasaan Negatif yang Sebaiknya Anda Hindari

Dua kebiasaan yang disebutkan di bawah ini merupakan bagian dari pola asuh orang tua terhadap anak.

Maksud orang tua mungkin baik, namun apabila dilakukan dengan cara yang salah, ternyata dapat memengaruhi tumbuh kembang anak. Mereka akan mulai mengembangkan pola kebiasaan negatif sejak dini.

Pola kebiasaan negatif tersebut adalah kritik yang merusak serta hukuman fisik yang akan memengaruhi karakter diri sepanjang usianya. Tentu saja hal ini tidak baik bagi perkembangan diri seseorang.

Saya Tidak Bisa! Saya Tidak Akan Bisa!

Hal ini menciptakan rasa takut gagal yang mendalam ketika akan melakukan suatu hal baru. Biasanya, rasa takut ini disebabkan ketika seorang anak diberi kritik yang menghancurkan dan hukuman fisik, sehingga rasa takut gagal akan terus berlanjut ketika ia beranjak dewasa.

Bila seseorang dengan rasa takut gagal ini dihadapkan dengan kesempatan mencoba hal baru, ia akan merasakan ada penyerangan, seperti tiba-tiba sakit perut ataupun tiba-tiba pusing.

Kebiasaan negatif memandang diri tidak mampu melakukan hal-hal baru ini harus segera dihindari. Ketika kita takut gagal, di saat itulah kita takut melakukan hal baru. Ketakutan ini harus segera dicabut dari akarnya agar tidak terus tumbuh menjadi hal yang semakin negatif.

Takut Ditolak

Hal ini biasanya terjadi karena anak saat kecil mengalami cinta bersyarat.

“Jika aku tidak melakukan ini, orang tuaku tidak akan mencintaiku lagi.”

Orang tua seringkali memperlakukan anaknya dengan cinta bersyarat. Orang tua mengatakan akan memberikan cinta kasihnya apabila sang anak melakukan apa yang orang tua perintahkan.

Ketika anak beranjak dewasa, ia akan merasa tidak aman apabila tidak mampu mengikuti keinginan orangtuanya, sekalipun hal tersebut bukan jalan yang diinginkannya.

Anak akan terus merasa takut ditolak, sehingga anak tidak akan melakukan apa yang ia inginkan. Ia tidak akan dapat memimpikan impiannya sendiri, ia akan terus melakukan apapun yang diinginkan orangtua ataupun orang lain, asalkan ia tidak menerima penolakkan.

Setidaknya dua hal ini dapat dihindari oleh Anda sebagai orang tua ataupun Anda sebagai anak.

Sebagai orang tua, Anda dapat menghindari pola asuh seperti di atas, agar anak Anda tidak bertumbuh dan berkembang menjadi anak yang rendah diri dan tidak memiliki keinginan untuk maju.

Sebagai anak yang sudah terlanjur mengalami dua hal di atas, usahakan keluar dari lubang hitam ini.

Kami dapat membantu mengembangkan karakter positif anda dalam program Valuable Person. Tunggu apa lagi, segera daftarkan diri Anda.



Leave a Reply

12 − 6 =