How To Treat Our Employees?


Human Capital (HC) adalah perusahaan menempatkan manusia bukan lagi sekedar sebagai resource atau sumber daya, melainkan sebagai kapital, atau modal dan aset. Yap, manusia yang ada di dalam perusahaan adalah sebuah aset.

Jika HRD menempatkan manusia sebagai sebuah “objek” untuk memaksimalkan manfaatnya dalam rangka kebutuhan perusahaan, maka dalam konsep HC, manusia ditempatkan sebagai aset perusahaan, yang menanamkan kemampuannya, untuk nantinya memetik hasilnya bersamaan dengan perusahaan.

“Dalam konsep HC, yang bertanggung jawab terhadap
masing-masing karyawan adalah atasannya, bukan HRD”

Kepala Divisi tidak bisa sembarangan dalam merekrut orang, lalu memecatnya saat merasa tidak cocok. Kepala Divisi wajib memberikan arahan dan bimbingan kepada karyawannya yang tidak berkembang agar memperbaiki kinerjanya, dan kepada karyawannya yang sudah berkembang agar terus termotivasi untuk meningkatkannya lagi.

Dengan adanya konsep Human Capital seperti ini, dapat kita sebutkan bahwa perusahaan akan memperlakukan karyawan dengan lebih baik lagi. Imbasnya, otomatis karyawan akan memiliki sense of belonging terhadap perusahaan, dan efeknya kinerja akan terus meningkat.



Leave a Reply

one × 3 =