Hilangkan Kebiasaan Buruk Anda, dengan Cara 5 Cara Ini

Setiap orang pasti memiliki kebiasaan buruk. Entah itu pelupa, boros, begadang, nyontek atau lainnya. Tentunya kebiasaan buruk tersebut harus dihilangkan, jika tidak bisa merugikan diri sendiri. Nah berikut cara menghilangkan kebiasaan buruk, yang bisa Anda terapkan di kehidupan sehari-hari :
1. Jauhi faktor-faktor yang mempengaruhi kebiasaan buruk

Pikirkan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kebiasaan buruk Anda. Nah, faktor-faktor yang mempengaruhi bisa jadi karena Anda berkumpul pada lingkungan yang kurang baik.

Segala faktor harus Anda hindari, dengan Anda menjauhi faktor-faktor pemicu tersebut langkah Anda untuk berubah pasti akan terasa lebih mudah.

2. Fokus kepada hal-hal yang positif

Fokuslah pada hal-hal positif sehingga pemikiran Anda lebih jernih. Jika masih sulit coba berkonsultasi dengan ahli psikologi atau bisa pula Anda mengikuti kajian Spiritual atau Kerohanian.

3. Belajar Dari Kesalahan

Apapun yang menjadi kebiasaan Anda di masa lalu, yang mengakibatkan Anda terjatuh ke dalam hal-hal buruk, sebaiknya jangan diulangi kembali.

4. Bentuklah Komitmen yang Kuat

Jika Anda ingin menghilangkan kebiasaan buruk, maka Anda perlu membangun komitmen yang kuat dalam hati.

Berjanjilah pada diri sendiri untuk berhenti melakukan kebiasaan buruk tersebut, dan berusaha berubah kearah lebih baik. Tentunya komitmen ini disertai rasa tanggung jawab.

5. Jangan Mudah Menyerah

Berhasil tidaknya Anda dalam menghilangkan kebiasaan buruk itu bergantung pada tekad Anda. Seberapa keras Anda berjuang untuk berubah. Jika cuma setengah-setengah, ya kemungkinan kebiasaan buruk itu susah dilepaskan.

Seberapa keras Anda berjuang untuk berubah. Jika cuma setengah-setengah, ya kemungkinan kebiasaan buruk itu susah dilepaskan.



Leave a Reply

3 + 3 =