Ethical Leadership

Ketika membaca tentang ‘bisnis besar’ atau mungkin perbankan, kadang-kadang dapat terlihat bahwa kepemimpinan dalam organisasi komersial besar berarti bekerja di luar ‘normal’ etika dan keyakinan, dan beroperasi di beberapa jenis dunia paralel, di mana satu-satunya nilai yang penting adalah berapa banyak uang Anda buat. “Akhir menghalalkan segala cara”.

Semakin banyak bisnis dan organisasi lainnya yang mengakui nilai Ethical Leadership atau Kepemimpinan Etis : kepemimpinan yang tergantung pada navigasi dengan ‘ethical leadership’. Dan banyak orang juga berkomentar bahwa kita mungkin tidak dalam posisi ekonomi global yang cukup sama setelah beberapa orang berperilaku lebih etis.

Stephen Covey, penulis 7 Kebiasaan Manusia yang Sangat Efektif, berpendapat bahwa kepemimpinan berdasarkan prinsip bukan hanya hal yang baik, tapi penting.

Dia mengatakan bahwa orang-orang efektif menjalani hidup mereka dan mengelola hubungan mereka tidak sekedar prioritas tetapi menurut serangkaian hukum alam, seperti keadilan, keadilan dan integritas.

Nilai-nilai ini telah didukung kehidupan, baik pribadi dan bisnis, selama ribuan tahun, dan terus menjadi penting.

Pentingnya Hukum Alam
Hukum-hukum alam atau prinsip-prinsip telah ada selama berabad-abad. Anda bahkan mungkin menggambarkan mereka sebagai dasar peradaban.

Mereka muncul dalam ide-ide agama, seperti kebaikan, membantu orang lain, keadilan, keadilan dan kesetaraan, dan beberapa dari mereka juga menjalankan sangat dalam. Anda hanya perlu mendengar lolongan tulus seorang anak dari “Ini tidak adil!” Untuk memahami hal ini.

Memang, ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa bagi kebanyakan dari kita, itu tidak begitu banyak berapa banyak kita mendapatkan secara absolut, karena itu kita mendapatkan ‘keadilan’.

Covey percaya bahwa kita secara naluriah percaya mereka yang hidupnya didasarkan pada prinsip-prinsip ini keadilan alam, keadilan dan kesetaraan. Itu mungkin karena nilai-nilai, keyakinan dan prinsip-prinsip yang relatif sulit untuk berubah, jadi secara naluriah dapat memahami bahwa orang-orang yang menunjukkan prinsip-prinsip berdasarkan hukum-alam ini akan dipercaya.

Anda dapat mengubah cara Anda berperilaku yang relatif mudah, tetapi bukan nilai-nilai yang mendasari perilaku itu, dan yang didukung oleh prinsip-prinsip ini.

Empat Tingkat Prinsip Kepemimpinan
Covey mengidentifikasi empat tingkat kepemimpinan yang berpusat pada prinsip, masing-masing dengan prinsip utama.

Tingkat ini:

  • Pribadi, di mana prinsip utama adalah kepercayaan;
  • Interpersonal, dimana prinsip utama adalah kepercayaan;
  • Manajerial, dimana prinsip utama adalah pemberdayaan; dan
  • Organisasi, dimana prinsip utama adalah keselarasan.

Hal ini tergantung pada dua elemen yang saling terkait, karakter, atau Anda seperti apa, dan kompetensi seberapa baik Anda pada apa yang Anda lakukan. Masuk akal bahwa kedua aspek penting, karena tidak benar-benar peduli seberapa kuat karakter Anda jika Anda tidak kompeten untuk memberikan apa yang Anda janjikan.

Tingkat antarpribadi adalah tentang hubungan Anda dengan orang lain, dan kepercayaan berkembang dari kepercayaan.

Hal ini mungkin tidak terlalu kuat pernyataan untuk menegaskan bahwa kepercayaan adalah jantung dari setiap kuat hubungan, sukses, apakah pribadi atau bisnis, dan kepercayaan itu, atau kurang dari itu, juga mendasari interaksi yang paling manusia.

Tingkat manajerial adalah tentang bagaimana Anda bekerja dengan orang-orang Anda mengelola, dan terutama tentang pemberdayaan. Ketika Anda percaya orang, Anda tidak mengendalikan mereka atau mengawasi mereka. Mereka mengontrol dan mengawasi sendiri: mereka diberdayakan.

Akhirnya, tingkat organisasi adalah tentang struktur seluruh organisasi.

Mungkin lebih mudah untuk berpikir pertama tentang sebuah organisasi di mana karyawan tidak dipercaya: ada kontrol dekat manajemen, pengawasan konstan dan memeriksa-in, dan karyawan harus melaporkan kembali sering pada apa yang mereka lakukan. Akibatnya, manajer tidak bisa mengelola banyak orang secara langsung, sehingga rentang kendali sangat kecil

Sebaliknya kemudian, sebuah organisasi di mana karyawan dipercaya biasanya datar daripada hirarkis, dan dengan rentang kendali yang luas. Individu dalam organisasi yang dipercaya untuk melakukan pekerjaan mereka dengan baik, dan tanpa pengawasan konstan: mereka selaras.

Keempat tingkat saling bergantung. Masing-masing diperlukan, dan masalah yang tampaknya dangkal berada di satu tingkat tertentu mungkin perlu bekerja pada di keempat pada waktu yang sama.



Leave a Reply

four × four =