Dampak baik dan buruk cashless

Alternatif dalam bertransaksi sehari-hari salah satunya adalah menggunakan uang cashless atau non tunai. Cashless tidak hanya menyasar anak muda, melainkan segala generasi asal memiliki smartphone. Tersedia banyak sekali platform pembayaran dengan segala fitur yang di tawarkan. Tidak hanya aplikasi, kartu debit maupun kartu kredit juga lebih mudah digunakan saat ini karena setiap toko hampir memiliki mesin edc.

Tapi kira-kira Sobat Transformer sudah tau belum tentang dampak baik dan buruk si “cashless” ini ?. Yang masih belum tau mari kita simak infotransfomer di bawah ini  :

Dampak Baik Cashless

Praktis

Untuk bertransaksi Anda tidak perlu menggunakan uang tunai yang selalu ribet akan kembalian sisa pembelian atau diminta bayar dengan uang pas. Dengan cashless Anda cukup mentransfer atau dengan scan barcode setelah itu dilanjutkan dengan nontifikasi di Smartphone Anda “Pembayaran Anda Berhasil” cukup mudah bukan ?.

Banyak Promo

Setiap platform pasti berlomba-lomba menawarkan promo yang menarik. Hal ini tentunya sangat menguntungkan karena pengguna akan hemat dalam berbelanja.

Meminimalkan Kejahatan

Membawa uang tunai dalam jumlah banyak tentunya akan membuat kita cemas akan adanya kejahatan. Nah, dengan adanya “Cashless” ini akan membuat perasaan Anda lebih tenang karena tidak perlu membawa uang banyak kemana-mana.

Lebih Mudah Melacak Transaksi

Degan menggunakan uang tunai saat pembayaran pastinya kita susah untuk melacak kemana saja pengeluaran kita selain dicatat secara manual.

Dengan adanya sistem pembayaran cashless, kita lebih mudah melacak pengeluaran karena sistem yang terintregrasi dengan sistem perbankan di Indonesia

 

 

Dampak Buruk Cashless

Daya Konsumtif Tinggi

Kebanyakan orang menggunakan non-tunai karena godaan promo cashback atau diskon bukan karena memang membutuhkannya. Maka dari itu, bisa dipastikan bahwa metode ini dapat membuat kita menjadi boros.

Cyber Crime

Cyber crime ini memungkinkan bisa mencuri uang dari dalam rekening kita bahkan penggunaan data pribadi di dalamnya. Nah hal ini pasti cukup mengerikan karena kita tidak tahu apakah data yang kita berikan pada platform uang non tunai tergolong aman atau tidak.

Jangkauan Terbatas

Metode pembayaran cashless memiliki jangkauan yan terbatas khususnya di Indonesia. Begini alasannya kenapa metode pembayaran cashless belum berkembang secara pesat :

  • Metode cashless ini hanya cocok bagi pengguna yang memiliki rekening di bank dan masih banyak orang yang belum memiliki rekening Bank di Indonesia
  • Cashless hanya berpusat pada teknologi digital dan hanya sedikit orang yang memiliki pengetahuan tentang teknologi. Sehingga kebiasaan ini hanya banyak terjadi di daerah perkotaan saja
  • Menggunakan jaringan internet, namun pada kenyataannya jaringan internet di Indonesia belum merata.

Nah, itu dia dampak baik dan buruk cashless, apapun pembayarannya, tetap bijak dalam finansial ya. Nantikan info menarik hanya di www.mictransformer.com.



Leave a Reply

three × 5 =