Cone of Learning: Have You Learned The Right Way?

Mari bersikap jujur, ketika Anda mengikuti training/pelatihan, dimanapun itu dan kapanpun itu, berapa persen materi yang bisa Anda ingat?

Coba kita sederhanakan lagi. Dari berhari-hari (atau bahkan seminggu) Anda mengikuti training, ada berapa momen yang bisa Anda ingat?

Jika jawaban Anda sekitar 30-40% atau sekitar 1-2 momen saja yang berhasil diingat, maka tenang saja karena Anda tidak sendirian. Ini terjadi hampir di semua orang.

Yang membuat kita sering berpikir: sebenarnya ini salah siapa?

 

 

Yang jelas, kesalahan tidak sepenuhnya ada di kita.

Karena mulai dari sesi materi, gaya komunikasi trainer, hingga suasana, semua memiliki pengaruh terhadap tingkat keterlibatan kita dalam sebuah kegiatan training.

Model belajar di dalam kelas akan lebih sering meminta kita untuk mendengarkan, melihat,atau mungkin mencatat, dan berharap selepas training kita mendapati banyak list ilmu baru yang bisa kita gunakan nantinya.

Beberapa ada yang lebih suka ketika menonton video, dimana karakter utama akan menghadapi tantangan, mengalami banyak pergumulan, dan berharap kita akan terinspirasi dengan bagaimana karakter utama tersebut mengatasi situasinya.

Tidak ada yang salah dengan hal tersebut. Tidak ada yang salah dengan memiliki banyak ilmu. Tidak ada yang salah dengan merasa terinspirasi. Namun yang harus anda ingat adalah:

 

‘Tidak peduli seberapa banyak peraturan voli yang kita hafal, tidak peduli seberapa luas teknik voli yang kita ketahui, semua hal itu tidak membuat kita menjadi seorang pemain voli..’

 

Untuk menjadi seorang aktor, Anda harus mencoba berbicara sendiri di depan cermin. Untuk menjadi penulis, Anda harus mulai menulis.

Kita harus benar-benar aktif ‘melakukan’ jika ingin memulai sebuah perubahan pada diri kita sendiri.

Meskipun sesi training, kelas, atau seminar sangat pasif, tanggung jawab untuk segera mencoba dan memulai perubahan itu ada pada diri kita sendiri..

Yang memutuskan untuk aktif terlibat bukanlah trainer, bukanlah sesi materi, melainkan diri kita sendiri…

 



Leave a Reply

five × one =