Cara Orang Sukses Mengatur Keuangan Pribadi

Orang-orang sukses selalu bisa mengelola beragam hal dalam hidupnya, termasuk mengatur keuangan pribadi. Orang-orang sukses selalu bisa melakukannya dengan baik. Akibatnya mereka bisa menata kehidupan sesuai dengan yang mereka idamkan.

Ada beberapa prinsip yang dapat dijadikan pegangan kala mengatur keuangan pribadi. Prinsip-prinsip tersebut kerap disebut Golden Rules karena bisa diterapkan oleh siapa saja dan kapan pun waktunya.

Orang-orang sukses seperti Jack Ma, Warren Buffet, Carlos Slim telah membuktikannya sendiri. Dengan mempraktikan cara mengatur keuangan pribadi secara disiplin dan konsisten, mereka bisa melesat menjadi orang-orang yang berhasil dalam hidupnya.

Simak ulasan berikut ini, cara orang-orang sukses mengatur keuangan pribadi :

Gunakan Uang di Bawah Pendapatan

Only buy something that you’d be perfectly happy to hold if the market shut down for 10 years”

– Warren Buffett

 

Warren Buffett merupakan pria terkaya ketiga di dunia pada 2015 menurut Forbes ini bahkan memiliki kebiasaan menekan pengeluaran yang ketat. Ia mengatakan ”Jangan menabung sebesar uang yang tersisa setelah dipakai, Gunakanlah uang yang tersedia sesudah menabung”.

 

Menurut Buffett, Siapa saja bisa mengatur keuangan pribadi seperti dirinya. Menabung disebut sebagai kebiasaan yang mesti dimiliki. “Saya kira kesalahan terbesar pada kebanyakan orang adalah tidak belajar menabung dengan baik sejak dini, karena hal itu sebuah kebiasaan”, kata Buffett.

 

Selalu Merencanakan Masa Depan

 

Never give up. Today is hard, tomorrow will be worse, but the day after tomorrow will be sunshine

 

– Jack Ma

Miliuner asal Tiongkok, Jack Ma, membuktikan sendiri. Berkat kemampuannya merencanakan masa depan, Ma bisa menjadi salah satu oang terkaya di dunia. Kesuksesan Ma tidak lepas dari kejeliannya dalam merencanakan masa depan. Ma melihat sebuah peluang besar dari internet yang pertama kali didengarnya 1994.

Dengan berpikir jauh ke depan, Ma bisa merencanakan hidupnya. Alih-alih memakai uangnya untuk keperluan hari semata, ia malah memanfaatkannya untuk keperluannya pada masa depan. Tidak mengherankan kini keberhasilan hidup berhasil dinikmatinya.

Upayakan Uang Bertumbuh

Profitability is coming from productivity, efficiency, management, austerity, and the way to manage the business

-Carlos Slim

Kisah hidup salah satu orang terkaya didunia saat ini, Carlos Slim, bisa menjadi contoh. Slim sudah berinvestasi sejak dirinya masih kecil. Pada umur 11 tahun, pria asal meksiko ini telah menanamkan uang di sebuah obigasi pemerintah negaranya. Lalu setahun berselang, Slim membeli saham pertamanya.

Slim berprinsip, tidak ada yang terlalu cepat dalam memulai sesuatu. Jika bisa, mengapa tidak dilakukan sekarang, begitu pemikirannya.



Leave a Reply

one × 1 =