Cara Menyelesaikan Masalah Dalam Team

Dalam setiap team sangat wajar sekali terjadi sebuah masalah. Pada kenyataannya menyelesaikan sebuah permasalahan secara bersamaan merupakan kegiatan yang sangat sulit karena banyaknya pendapat. Perlu adanya langkah-langkah untuk menyelesaikan permasalahan dalam team, sebagai berikut :

  1. Bersikap Proaktif & Berpikiran Terbuka

 

Mempunyai pemikiran terbuka juga harus digunakan dalam menyelesaikan permasalahan dalam team. Berpikir terbuka berarti Anda harus bisa mendengarkan pendapat orang lain dan apabila memang pendapat tersebut dirasa lebih bisa menyelesaikan permasalahan daripada pendapat Anda. Anda harus berlapang dada untuk mengalah demi kepentingan bersama, buang jauh-jauh ego Anda jika Anda ingin jalan yang terbaik untuk team.

 

  1. Tentukan Permasalahan

 

Semua anggota team harus menentukan permasalahan-permasalahan yang ada dengan cara menulisnya dan membuat list. Ini berguna untuk tahu dengan jelas masalah  yang team Anda hadapi.

 

  1. Membuat List Solusi

 

Setelah itu saatnya membuat kemungkinan-kemungkinan solusi yang bisa digunakan untuk menyelesaikan masalah. Setiap anggota team hendaknya harus memberikan pendapat beserta alasannya.

 

  1. Menentukan Solusi

 

Selanjutnya menentukan solusi dari tiap-tiap permasalahan, peran pemimpin sangat dibutuhkan disini. Setiap solusi yang diambil harus dipikirkan secara matang-matang, baik dan buruknya, resiko apa yang akan dihadapi.

 

  1. Menyatukan Pemahaman

 

Menyatukan pemahaman mungkin langkah terakhir dari menyelesaikan  permasalahan dalam team. Semua anggota team harus bersikap jujur. Kalau memang masih ada yang tidak yakin, bicarakan dan utarakan agar anggota team yang lain bisa memikirkan kembali.

 

 

Menyelesaikan permasalahan dalam kelompok memang tidak sesederhana langkah-langkah tersebut, namun hal tersebut bisa terjadi kalau Anda tetap berpikiran terbuka dan tidak bersikap apatis.



Leave a Reply

18 + 4 =