Cara Jitu Menjaga Produktifitas Kerja Saat Berpuasa

Bulan puasa adalah bulan yang dinantikan oleh umat muslim di seluruh dunia. Dengan alasan menjalankan ibadah puasa, kadang membuat sebagian dari kita menjadi kendur dalam bekerja. Di bulan yang penuh dengan keberkahan ini, jangan justru membuat produktifitas kerja kita menjadi menurun. Jika penurunan produktifitas kerja sedang terjadi pada Anda saat ini, maka sebaiknya Anda segera mengatasinya agar tidak mempengaruhi bisnis Anda.

Ada cara jitu menjaga produktifitas kerja saat berpuasa yang bisa Anda lakukan sebagai langkah antisipasi. Lakukan segera agar tidak sampai menjalar dan mempengaruhi kinerja Anda dalam satu bulan ke depan. Bagaimana caranya? Simak ulasan berikut ini.

1. Bekerja Juga Beribadah

Pertama yang harus Anda tekankan pada diri Anda ketika mengalami penurunan kinerja, saat berpuasa adalah dengan meyakinkan pada diri Anda sendiri bahwa bekerja adalah juga termasuk beribadah. Ingatkan itu terus pada diri Anda agar selalu bekerja dengan penuh semangat walau kerja saat berpuasa.

Memang bekerja saat puasa banyak sekali godaannya, mulai rasa lapar, haus dan yang paling berat adalah rasa malas dan ngantuk. Ketika Anda ingat bahwa pekerjaan adalah ibadah, maka dengan sendirinya Anda akan terpacu untuk lebih semangat dan lebih produktif dalam bekerja.

2. Perhatikan Konsumsi Anda

Ketika kita berpuasa, kadang pada saat memasuki waktu berbuka atau makan sahur kita sering gelap mata. Apapun yang disajikan di meja makan, maunya dihabiskan saja. Ternyata, makanan yang kita konsumsi saat menjalani ibadah puasa sangatlah berpengaruh terhadap daya kerja kita. Terutama perhatikan ketika Anda sahur, karena makan sahur berperan untuk mengisi energi kita di siang hari.

Pilihlah makanan yang bisa dan mencukupi energi yang dibutuhkan tubuh kita untuk bekerja. Sayuran, telur, daging ayam dan buah segar bisa menjadi pilihan yang bagus untuk dikonsumsi saat bulan Ramadhan. Makanan tersebut bisa memberi rasa kenyang yang lama dan juga bisa mencukupi nutrisi tubuh sampai waktu berbuka tiba. Jangan lupa juga cukupi asupan air putih Anda.

3. Menyusun Daftar Kerja Saat Berpuasa

Membuat daftar kerjaan bisa membantu Anda tetap produktif meskipun dalam keadaan lapar dan dahaga. Buatlah mana yang harus didahulukan, kerjakan yang penting pada pagi hari dimana Anda masih dalam kondisi yang fresh. Atau mungkin bisa juga pekerjaan yang dirasa berat bisa dikerjakan terlebih dahulu. Karena dengan keadaan yang masih fresh dan penuh energi di pagi hari maka pekerjaan yang dirasa berat atau lebih penting, akan lebih mudah diselesaikan.

4. Jangan Lupa Istirahat

Sangat penting ketika Anda kerja saat berpuasa, meskipun sebentar usahakan Anda bisa beristirahat. Istirahat di siang hari di sela pekerjaan sangat bermanfaat untuk mengumpulkan kembali energi Anda. Istirahat bisa berupa tidur siang, pergi melepas penat dengan keluar dari kantor juga bisa. Sekedar bercanda ringan dengan teman sejawat juga bisa menyegarkan kembali kepenatan Anda.

Intinya adalah Anda bisa lepas dari pekerjaan Anda untuk sesaat, jangan sampai Anda memforsir diri Anda dalam pekerjaan. Apalagi ketika Anda sedang menjalani ibadah puasa, karena biasanya disamping siang bekerja, malampun akan penuh dengan kegiatan beribadah. Untuk itu, istirahat yang cukup baik di siang maupun di malam hari juga sangat diperlukan untuk selalu menjaga kondisi tubuh tetap fit dan produktif.

5. Disiplin Dalam Bekerja

Ini bisa menjadi cara yang ampuh dalam menjaga produktifitas Anda dalam bekerja. Kenapa demikian, karena dengan Anda disiplin dan menjalankan semua program yang sudah Anda susun seperti pada poin 3, maka semuanya tentu akan berjalan sesuai dengan rencana. Jangan sampai Anda menunda pekerjaan yang sudah Anda agendakan sebelumnya. Penundaan pekerjaan hanya akan membuat pekerjaan itu semakin terasa berat, apalagi dalam keadaan Anda sedang berpuasa.

Untuk itu, kedisiplinan Anda dalam menjalankan pekerjaan sangat membantu Anda dalam menjaga produktifitas kinerja Anda dalam mengelola sebuah bisnis. Semakin cepat Anda menyelesaikan pekerjaan di pagi hari tentu akan lebih baik dari pada Anda mengerjakannya di siang hari. Karena di siang hari dalam keadaan berpuasa tentu akan sangat berat dan energi pun sudah terkuras.



Leave a Reply

3 + eleven =