Arti Pekerjaan Bagi Kita

Kerja adalah bagian sentral di dalam kehidupan manusia. Dengan pikiran dan tubuhnya, manusia mengorganisir pekerjaan, membuat benda-benda yang dapat membantu pekerjaannya tersebut, dan menentukan tujuan akhir dari kerjanya.  Kerja pun bukan lagi demi pemenuhan kebutuhan hari ini, tetapi juga memiliki orientasi ke masa depan. Lalu apa sebenarnya arti pekerjaan bagi kita ?. Banyak hal yang kita dapatkan dari kerja, berikut Arti Pekerjaan Bagi Kita :

  1. Pekerjaan Sebagai Sarana Mencari Nafkah

 

Inilah makna pekerjaan yang paling dasar. Namun jika anda hanya memandang pekerjaan sebagai sarana untuk mencari nafkah maka anda cepat merasa bosan dan melihat pekerjaan sebagai beban. Sangat sulit menemukan kesenangan dalam bekerja. Bagaimana mengatasi hal ini ? Cobalah memandang pekerjaan dari sisi lainnya.

 

  1. Pekerjaan Sebagai Sarana Untuk Mengekspresikan Potensi Diri

 

Sejak kecil anda pasti pernah punya suatu hal yang  disukai atau keahlian anda, misalnya bermain komputer, bernyanyi, atau menggambar. Maka di saat anda bekerja di bidang sesuai dengan hal yang anda sukai, itu termasuk mengekspresikan potensi anda saat bekerja.  Karena anda senang melakukan pekerjaan tersebut dan bukan tidak mungkin anda bisa menjadi expert di bidang tersebut.

 

  1. Pekerjaan Sebagai Sarana Untuk Mengembangkan Potensi Diri

 

Anda juga bisa mengembangkan potensi atau keahlian anda di dalam pekerjaan. Karena di dalam bekerja anda bertemu banyak para expert yang mungkin bisa menjadi mentor anda dan anda mengalami banyak hal misalnya behubungan dengan client dari perusahaan, sehingga anda akan mendapatkan banyak pengalaman , wawasan, dan teknik baru yang bisa mengembangkan potensi diri anda.

 

  1. Pekerjaan Sebagai Sarana Untuk Memperluas Jaringan

 

Ketika anda bekerja anda akan berhubungan dengan banyak orang baru, maka dari itu anda akan  mempunyai banyak koneksi dan jaringan yang bisa menguntungkan anda, jika anda gunakan sebagai hal yang bermanfaat dan positif.

 

  1. Pekerjaan Sebagai Ibadah

 

Bekerja merupakan salah satu bentuk rasa syukur kita terhadap TUHAN, karena dengan bekerja berarti kita menyambut rezeki-rezeki yang diberikan TUHAN pada hambaNYA. Dengan bekerja pula kita memanfaatkan organ tubuh pemberian TUHAN dengan baik dan bermanfaat, misalnya kita diberikan anugrah otak untuk berpikir dan menghasilkan suatu keputusan, diberikan tangan untuk menulis dan menciptakan sebuah karya. Dengan, bekerja kita juga punya penghasilan dan bisa bermanfaat dengan berbagi dengan saudara kita yang lebih membutuhkan. Itu semua dasar kita sebagai ibadah untuk ungkapan rasa syukur kita kepada TUHAN.



Leave a Reply

five × one =