9 Tipe Orang yang sulit diajak Kerja Sama

Pernahkah anda bekerja sama dengan satu dari sembilan tipe orang dibawah ini?
Kalau belum pernah sebagai peringatan awal, kalau sudah pernah mana saja yang sudah pernah Anda hadapi?.

Sebagai karyawan kita dituntut Bagaimana caranya agar bisa bekerja sama dalam satu kesatuan menjadi sebuah tim yang hebat, tetapi membangun sebuah tim yang hebat dan profesional tidaklah segampang yang kita pikirkan. Kenapa? karena kita akan dihadapkan dengan beberapa tipe-tipe (karakter) individu yang mungkin akan menguji batas kesabaran kita, Mulai dari Kuliatas kerja, attitude maupun sifat-sifat lainnya yang mungkin tidak menyenangkan bagi Anda.

Nah hal-hal berikut ini yang kerap sering terjadi dan sering Anda Temukan didalam dunia kerja. Diadaptasi dari Thejobnetwork.com, ada sembilan tipe orang yang sulit diajak kerja sama didalam sebuah tim, Mau tau siapa saja mereka?
Simak Selengkapnya.

1. The Loner (Penyendiri)
Orang-orang yang memiliki tipe seperti ini biasanya akan minim atau bahkan menolak untuk berinteraksi dengan orang lain. Karena mungkin dia lebih nyaman apabila ia mengerjakan sesuatu tanpa ada campur tangan dari orang lain, nah ini yang terkadang membuat anggota tim lainnya akan sulit bekerja sama dengan tipe orang yang seperti ini, apalagi dalam koordinasi dalam menyelesaikan sebuah masalah (proyek).

Ciri khas :
Adapun ciri khas dari tipe The Loner ini, bisa diliat dari aktivitas sehari-harinya yang tidak bisa jauh dari Handphone. Selain itu juga mungkin saat mengerjakan sesuatu ia lebih memilih tempat yang mana tidak terlalu sering dilalui oleh orang banyak, dan saat mengerjakan tugas atau aktifitas ia lebih memilih menggunakan Headset dan memutar lagu-lagu favoritnya.

2. The Slacker
Orang-orang yang memiliki tipe seperti ini adalah tipe orang yang cenderung tidak pernah menyelesaikan tugasnya tepat waktu, The Slacker terlalu santai dalam menyikapi pekerjaannya. Saking santainya, ia bisa-bisa sampai ketiduran Lohh.. di tempat kerja, dan tidak hanya itu terkadang dibeberapa kesempata lainnya di kantor.
Nah hal ini yang membuat mereka sering kali dianggap di timnya sangat tidak bisa diandalkan.
Biasanya hal ini sering terjadi pada orang yang memiliki kepribadian Plegmatis yang mana orang-orang memiliki kepribadian seperti ini memiliki prinsip cinta damai kebanyakan dari mereka masih bepikiran “Masih ada hari esok”.
Prinsip inilah yang membuat mereka bekerja dengan santainya. Eitttss… Gak semua Plegmatis itu sama ya gaes. Semuanya tergantung bagaimana mereka bisa menjadi Tuhan atas diri mereka sendiri (Control diri).

Ciri Khas :
Salah satu ciri khas yang paling mencolok dari Slacker ini adalah dari cara ia berpenampilan yang kurang rapi.

3. The Oversharer
Nah tipe-tipe orang seperti ini mungkin seringkali Anda lihat disetiap kasus, tipe Oversharer biasanya selalu memberikan informasi yang kurang informatif. Kenapa ? karena mereka selalu memberikan informasi seputar kehidupan mereka secara berkala di Media Sosial. Namun postingannya dianggap seringkali kurang bermanfaat bagi permbaca atau orang yang melihat postingan tersebut.
Nah hal-hal seperti ini yang kerap kali membuat teman se-teamnya merasa canggung.

Ciri Khas :
Tipe-tipe orang seperti ini terlihat seringkali menghabiskan waktu untuk menceritakan sesuatu di waktu-waktu istirahat. Dan tidak ada yang memperdulikan dia.

4. The Excessive Emailer
Tipe orang-orang seperti ini terkadang jika orang lain melihat seringkali terkesan menggantungkan hidupnya pada Email. Mereka sangat senang , CC banyak orang, padahal email tersebut tidak penting.
Dan mereka suka sekali “Reply All” untuk setiap email, padahal hal tersebut tidk perlu dilakukan karena dianggap oleh rekan-rekan kerjanya kurang efektif. Sehingga, rekan-rekannya sering kali bingung, “Ini sebenernya Email penting apa tidak sih,?, ini email untuk personal apa coorporate sih?”.

Ciri khas :
The Excessive Email memiliki ciri khas yang sangat mencolok mereka sangat sering terlihat tidak bisa jauh dari alat-alat elektronik. Contohnya seperti : Telpon genggam, komputer & laptop pribadi mereka.

5. The Naysayer
Pernahkah Anda menemukan orang-orang yang memiliki tipe seperti ini, selalu punya alasan untuk mengeluh tentang masalahnya mereka, tetapi tidak pernah memikirkan tentang bagaimana solusinya mereka. Nah, tanpa mereka sadari mereka terkadang memunculkan dampak negatif terhadap lingkungan kerja sekitarnya.
Yang parahnya, seringkali membuat semangat kerja pada timnya dikantor menurun.

Ciri Khas :
Ciri khas yang dimiliki oleh The Naysayer yang pasti adalah selalu mencari seseorang untuk selalu menceritakan keluh kesahnya (masalah) yang sedang ia hadapi hampir ke setiap orang yang ia jumpai. Biasanya, The Naysayer membahas mengenai atasan kerja, pekerjaan, bahkan rekan kerjanya tidak luput dari bahan pembicaraan si The Naysayer.

6. Si Penjilat
Selalu mengatakan “iya” di setiap kesempatan, hanya memberikan kesan baik kepada atasan serta rekan kerja terhadap dirinya. Hal ini sering membuat situasi, apabila mereka tidak menyelesaikan pekerjaan mereka dengan baik maka mereka akan beranggapan “ya sudahlah”. Hal ini membuat timnya merasa bahwa orang-orang seperti ini akan menjadi beban diperusahaan.

Ciri Khas :
Tidak ada pekerjaan yang bisa diselesaikan tepat waktu, karna didalam prioritas mereka hanyalah ingin dianggap baik didepan

7. The Black Hole
Tipe orang seperti ini dalam pengerjaan tugas-tugasnya sering kali mengalami revisi-revisi terus menerus, seolah-olah mereka tidak bosan terhadap hal tersebut.

Ciri Khas :
Orang – orang yang seperti ini sangat mudah sekali untuk hilang fokus, dan tak jarang pula emosinya sering tidak terkendali.

8. The Tool
Tipe-tipe orang seperti adalah tipe orang yang memprioritaskan olahraga pada urutan kedua mereka, dan mereka sangat senang sekali berbicara mengenai olahraga terutama bentuk badan (masa otot dan program diet).

Ciri Khas :
Orang yang memiliki karakter seperti ini biasanya sangat sibuk sekali dengan bercermin, dan mengajak orang lain untuk mengikuti program diet sama seperti dia.

9. The Contrarian
Tipe orang seperti ini biasanya memiliki kepribadian koleris, yang mana orang- orang yang memiliki kepribadian seperti ini sering kali menganggap dirinya “Always Right”. Apapun yang Anda lakukan selalu dianggap salah dan sebaliknya apapun yang ia lakukan selalu dianggap benar dan mereka tau apa yang seharusnya mereka lakukan. Karena mereka anggap diri mereka paling benar maka mereka enggan berkompromi natau bekerja sama dengan orang lain, sehingga tipe orang seperti ini agak sulit diajak bekerja sama didalam sebuah tim.

Ciri Khas :
Nada suaranya lebih tinggi saat menyapaikan pendapat maupun argument, terkadang bahasa-bahasa yang digunakan terkesan merendahkan pihak-pihak tertentu serta diikuti oleh gerak tubuh yang menyepelekan orang lain.

Nah itulah dia 9 Tipe orang sulit diajak bekerja sama, kamu sudah pernah bertemu dengan tipe yang nomor berapa?
Tetapi, semua tipe itu kita bakalan bisa kamu hadapi dengan cara yang sangat mudah. Yaitu adalah dengan cara memikirkan solusi dalam menghadapi tipe-tipe tersebut, bukan malah sebaliknya kita malah berfikir tentang apa yang sedang menjadi masalah atau tantang yang sedang kita hadapi. Maka ulai sekarang fokuslah pada Solusi penyelesaian bukan pada masalahnya tersebut.



Leave a Reply

5 + 14 =