7 Cara  Jitu Menghilangkan Kejenuhan dalam Bekerja

 

Banyak sekali orang diluar sana yang mungkin sering mengalami hal seperti ini yaitu mengalami kejenuhan dalam bekerja. Tetapi taukah Anda apakah yang sebenernya menyebabkan orang-orang tersebut mengalami kejenuhan terhadap pekerjaannya. Mungkin penyebabnya adalah lingkungan kerjanya yang kurang kondusif atau bisa jadi, hal ini disebabkan oleh orang itu sendiri yang mana orang tersebut memiliki tingkat semangat kerja yang rendah.

Nah jika Anda sempat berfikir hal yang sama seperti contoh kasus diatas. Maka saatnya untuk berfikir bukan pada masalahnya tetapi, bagaimana solusi atas masalah tersebut.

Inilah  7 Cara jitu  menghilangkan kejenuhan dalam bekerja :

  1. Lakukan sesuatu yang menyenangkan

Melakukan sesuatu yang Anda sukai mungkin bisa menjadi salah satu alternatif dalam menghilangkan rasa  jenuh terhadap pekerjaan Anda. Misalnya, hobi Anda adalah membaca buku. Nah, mulai dari sekarang Anda bisa mencari buku-buku pengembangan diri yang dapat menambah wawasan Anda. Contohnya jika Anda ingin mengetahui kepribadian lawan bicara Anda, Anda bisa membaca buku “Personality Tree – Florence Littauer”, atau Anda ingin mengetahui bagaimana cara memenangkan hati lawan bicara Anda. Anda bisa membaca buku yang berjudul “25 Ways to Win with Peple – John C. Maxwell” . Nah, banyak sekali bukan hal – hal yang Anda sukai yang bisa Anda lakukan disaat Anda mulai jenuh dengan pekerjaan Anda.

  1. Ciptakan suasana baru dengan mendekorasi tempat kerja

Sering kali tanpa disadari otak manusia mengalami kejenuhan ketika melihat lingkungan sekitarnya terutama tempat kerjanya sendiri (Meja Kerja) yang mana terlihat berantakan ataupun monoton. Nah, alangkah lebih baiknya jika Anda mulai dari hal kecil yaitu merapikan tempat kerja Anda (Meja Kerja) agar terlihat lebih rapi. Atau mungkin Anda mungkin bisa mendekorasi meja kerja Anda yang sekiranya  lebih membuat Anda merasa lebih nyaman saat bekerja. Nah, Anda dapat menghiasi meja kerja Anda dengan hiasan-hiasan bernuansa positif seperti halnya Energizing Bottle, Talenan motivasi, Inpiration Board dan lain sebagainya. Anda dapat mengganti dekorasi Anda berulang-ulang saat Anda mulai merasa jenuh pada pekerjaan Anda. Hal ini kerap kali dinilai terlalu berlebihan bagi beberapa individu, tetapi cara ini ampuh loh untuk mengatasi kejenuhan disaat Anda bekerja.

  1. Cobalah berfikir positif

Ada Quote yang mengatakan seperti ini :

“ Kita tidak akan mendapatkan apa yang kita inginkan, jika kita terlalu sibuk mengeluh. BERSYUKURLAH. “

Dari Quote tersebut dapat kita mabil kesimpulan seperti ini. Terkadang manusia seringkali mengeluh terhadap apa yang sudah ia miliki sekarang, sehingga ia lupa untuk “Bersyukur” atas apa yang telah ia miliki, menurut orang lain mungkin enak berada di posisi seperti ia yang mana telah memiliki apa yang telah ia capai selama ini. Tetapi, disisi kita, malah kita sendiri yang terkadang terlalu sibuk mengeluh sehingga lupa atas apa yag telah tuhan berikan kepada kita.

Manusia juga seringkali dihadapkan kepada dua pilihan, dan tak jarang pula banyak yang salah dalam menyikapi pilihan tersebut. Kenapa begitu? Karena saat mereka dihadapkan dengan pilihan tersebut, mereka selalu melihat pada titik fokus masalah itu yang mana hal tersebut dapat mempengaruhi atas pengambilan keputusan mereka. Yang mana akan mengarahkan mereka untuk melihat masalah tersebut dari sisi negatif. Namun sebaliknya jika Anda melihat masalah tersebut dan berfokus pada titik fokus cara penyelesaian masalahnya maka hal tersebut akan mempengaruhi pengambilan keputusan Anda. Anda akan melihat dari semua sisi terutama sisi positif dari masalah apa yang sedang Anda hadapi.

  1. Coba saling sharing dengan kolega Anda

Hal berikut ini untuk beberapa orang membuat mereka mungkin tidak nyaman apabila melakukan point ini. Karena bagi mereka menceritakan masalah apa yang sedang mereka hadapi itu adalah sesuatu hal yang mereka anggap tidak penting. Bahkan bisa menjadi boomerang bagi mereka sendiri.

Namun, apa salahnya siapa tau dengan Anda menceritakan tentang masalah – masalah yang sedang Anda hadapi kolega – kolega Anda dapat membantu mencarikan solusi buat Anda. Ingatlah..! Berdua lebih baik daripada sendirian karena dengan berdua mungkin saja teman mempunyai jalan keluarnya.

  1. Ingat tujuan masa depan Anda

Saat Anda mulai meresakan kejenuhan dalam menjalani pekerjaan Anda. Coba Anda ingat-ingat kembali tujuan Anda. Selama berada di perusahaan tersebut apa tujuan Anda?, dan apa yang harus Anda perjuangkan didalam perusahaan tersebut?. Dengan mengingat tujuan Anda kembali itu akan menjadi pengingat dan sekaligus motivasi tersendiri buat Anda.

  1. Jangan dijadikan beban, Nikmatilah

Saat Anda semua masalah merupakan tantangan yang harus Anda hadapi maka semuanya akan terasa mudah saat menghadapinya. Tetapi sebaliknya, jika Anda menganggap semua masalah Anda adalah hambatan bagi Anda maka masalah tersebut yang akan benar-benar menjadi hambatan bagi diri Anda. Nah, mulailah menganggap semua masalah itu bukan beban tetapi tantangan atau bahkan challenge untuk meengupgrade diri Anda.

Dengan begitu semua hal positif yang Anda pikirkan akan masuk kedalam alam bawah sadar Anda dan membuat semua masalah Anda menjadi ringan.

  1. Jangan abaikan waktu istirahat, tidur malam yang cukup itu penting.

Kenapa istirahat selalu diangkat dibeberapa point tertentu dalam artikel ini. Karena apapun yang dipaksakan maka hasilnya mungkin tidak akan pernah sesuai dengan apa yang kita harapkan. Jika Anda memaksakan diri Anda untuk melakukan sesuatu dengan maka maksimalkan lah pada hari itu jangan menambah jam kerja Anda. Karena istirahat yang cukup menjadi point penting saat kita dalam mengalami baik itu stres maupun kejenuhan dalam bekerja.

Nah dari artikel ini dapat kita simpulkan bahwa jika kita hanya fokus pada masalahnya saja maka masalah tersebut benar-benar akan menjadi penghalang bagi diri Anda. Namun sebaliknya, jika kita menikmati proses dari sebuah masalah tersebut maka, kita akan menjalaninya dengan suka cita dan senang hati.



Leave a Reply

fourteen − thirteen =