RAPID TRANSFORMATION ERA

Perkembangan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Manusia tidak lepas dari adanya teknologi. Artinya, tekonologi merupakan cara termudah dalam sendi kehidupan manusia.

Ketika teknologi informasi dan teknologi operasional bertemu, perusahaan mulai menemukan cara baru untuk terhubung. Data yang dikumpulkan dari pemasok, pelanggan, dan perusahaan dapat disejajarkan dengan informasi produksi yang terperinci, yang berarti proses dapat disesuaikan secara real-time.

Revolusi Industri 4.0 bukan hanya merevolusi proses manufaktur, tetapi juga berdampak kuat pada model globalisasi, dengan mengubah tenaga kerja. Lalu, kemampuan dan sikap yang bagaimana yang diperlukan untuk menghadapi Revolusi Industri 4.0?

Pertama, perkuat SDM yang ada, urusan pekerja usia produktif Indonesia juaranya. Ada bonus demografi yang ada di negeri kita, jumlah yang besar ini harus dimanfaatkan dengan hal positif dalam menyambut masa depan.

Kedua, ubah sistem pendidikan ke arah modern, artinya ada hubungan dunia sekolah dengan dunia industri.

Ketiga, utamakan kolaborasi, saat ini bukan lagi mengedepankan kompetisi tapi kolaborasi dengan semua pihak. Sebagai contoh ojek online yang tidak punya satu unit kendaraan pun, mereka berkolaborasi dengan pemilik kendaraan dalam konsep sharing economy.



Leave a Reply

nineteen − six =