6 Cara Agar Kamu Bisa Ahli dalam Satu Bidang

Setiap orang memang memiliki kelebihan masing-masing. Namun, tidak semua orang memanfaatkannya dengan baik. Kamu mungkin pernah mendengar beberapa orang mengeluh, karena mereka tak dapat melakukan sesuatu sejago orang lain, lantaran tak punya bakat.

Sementara itu, beberapa orang lainnya justru menganggap bakat tak terlalu penting. Yang paling penting adalah usaha dan kerja keras. Kamu yang sangat ingin menjadi ahli di bidangnya, jangan ragu kalau tidak punya bakat. Karena, siapa pun bisa ahli pada bidangnya masing-masing.

1. Mulailah dengan bidang yang kamu senangi. Soalnya, ketika kamu tidak menyukai bidang tersebut, kamu sulit menemukan motivasi yang mendorongmu untuk terus mendalami bidang tersebut.

2. Berkutat terus dengan satu bidang kadang akan membuatmu merasa jenuh. Karena itu, pastikan kamu benar-benar mencintai bidang tersebut. Kamu mungkin akan merasa lelah. Tapi, sedikit kemungkinannya muncul keinginan untuk menyerah.

3. Gali potensimu. Memang, bakat itu hanya berpengaruh 10% pada sebuah keberhasilan. Sisanya adalah usaha dan upaya. Tapi, tak ada salahnya kamu menggali kemampuanmu yang sudah kamu miliki sejak lahir?

4. Setiap orang pasti akan menemukan kendala. Meskipun apa yang kamu pelajari dan lakukan sesuai dengan minatmu, bukan berarti semuanya akan berjalan dengan mudah. Kamu akan menemukan kegagalan. Tapi jangan pernah menyerah dan teruslah bangkit.

5. Jangan lupa dengan mentor. Kamu mungkin memang berbakat. Kamu mungkin memang cerdas. Tapi, kalau kamu punya mentor yang membimbingmu, waktu yang kamu butuhkan hingga berhasil mewujudkan mimpimu akan menjadi lebih pendek. Mentor adalah jalan pintas. Jangan sampai kamu membuat waktu tanpanya.



Leave a Reply

three + nineteen =