4 Cara Fokus Pada Tujuan & Cita-Cita

Setiap orang pasti memiliki mimpi dan cita-cita namun nyatanya tidak semua orang mampu mewujudkan mimpi dan cita-cita menjadi nyata. Ada banyak faktor penghambatnya dan salah satu faktor yang membuat mimpi dan cita-cita tak tercapai adalah karena tidak fokus atau hilang fokus. Memang begitulah adanya, siapapun bisa bermimpi dan bercita-cita karena hanya bermodalkan “ingin” tapi untuk mewujudkan semua keinginan tersebut butuh banyak modal dan salah satunya adalah “fokus”.

Karena alasan itulah mengapa kata fokus sangat berpengaruh dalam terwujud atau tidaknya mimpi seseorang. Bisa dikatakan antara fokus dan cita-cita adalah seperti orang dan panah. Bisakah satu orang memanah langsung sekali tiga anak panah dalam tiga target berbeda dalam satu waktu? Tentunya itu sulit bukan! Maka dari itu jangan pernah sekali-kali kamu anggap remeh arti kata fokus karena kalau kamu meremehkan fokus maka siap-siap saja gagal meraih mimpi dan cita-cita.

1. Kamu Harus Punya Pendirian

Punya pendirian itu sangat penting, lho. Jika kamu tak punya pendirian maka kamu akan sangat mudah goyah dan berubah-ubah pikiran. Besok kaya gini, besok kaya gitu, kalau istilah jaman sekarang itu biasa kita sebut dengan labil. Sebagai anak muda memang kita cendrung labil dan mudah terpengaruh dan berubah-rubah. Maka dari itu belajarlah untuk memiliki pendirian. Percayalah pada suara hati nuranimu sendiri. Fokus saja terus dan yakinkanlah terus pada dirimu sendiri bahwa tujuanmu akan berhasil. Selangkah demi selangkah, setapak demi setapak, jalani saja prosesnya dan nikmati suka dukanya mengejar mimpi dan cita-cita. Nanti Insya Allah kamu akan memetik buah dari usaha dan kerja kerasmu.

2. Jangan Pernah Menyerah Atau Mundur Saat Masalah Datang Mengujimu

Jika mengejar mimpi dan cita-cita dalam hidup ini di ibaratkan menaiki anak tangga maka dari langkah kaki pertamamu di anak tangga yang pertama sampai anak tangga terakhir sudah pasti akan ada masalah yang selalu siap menjegal langkahmu. Oleh karena itu jika kamu ingin sampai ke anak tangga terakhir (puncak kesuksesan) maka tentu saja tak ada cara lain selain kamu harus selalu terus berjalan dan selalu fokus di tiap satu per satu anak tangga. Jika mendapat ujian yang bisa membuat mimpimu berakhir maka teruslah berjalan, jangan pernah berpikir berhenti atau mundur. Kamu harus tetap fokus dengan tujuan awalmu yaitu harus sampai anak tangga terakhir (puncak kesuksesanmu).


3. Jika Punya Beberapa Mimpi Dan Cita-Cita Maka Harus Ada Satu Yang Dikorbankan

Jangan pernah melupakan tujuan awal saat sedang mengejar mimpi dan cita-cita. Fatal sekali akibatnya jika kamu lupa dengan tujuan awal atau niatmu. Misalkan kamu seorang pelajar yang punya tekad bersekolah karena ingin memberantas kebodohan pada dirimu sendiri dan ingin membuat orang tua bangga padamu bila kamu bisa berprestasi. Karena kuatnya tekadmu untuk membanggakan orang tua maka kamu sangat rajin belajar dan akhirnya kamu selalu menjadi juara kelas. Sampai pada akhirnya kamu lupa akan tujuan awalmu yang ingin membanggakan orang tuamu karena kamu pacaran, kamu jadi sering kehilangan fokus belajar gara-gara ingat pacar dan main keluar sama pacar melulu. Karena kehilangan fokus belajar kamu pun akhirnya jadi jarang belajar dan akhirnya kamu tak pernah juara kelas lagi. Kamu pun jadi tak lagi bisa membahagiakan hati kedua orang tuamu. Dari ilustrasi tadi kita bisa mengambil pelajaran bahwa jika kita lupa pada tujuan awal kita karena kehilangan fokus maka kita otomatis juga akan kehilangan mimpi dan cita-cita kita.



Leave a Reply

19 − one =